JawaPos Radar | Iklan Jitu

Jokdri Jadi Tersangka, PSM Dorong Pelaksanaan KLB

17 Februari 2019, 04:35:59 WIB
psm makassar
CEO PSM Munafri Arifuddin saat memberikan keterangan terkait KLB PSSI, Sabtu (16/2). (Syahrul Ramadan/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Manajemen PSM Makassar mendorong PSSI segera menggelar Kongres Luar Biasa (KLB) untuk menentukan ketua umum baru. Pernyataan sikap dinyatakan PSM menyusul penetapan tersangka kepada Pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum (Ketum) PSSI Joko Driyono oleh Satgas Antimafia Bola Polri.

"Saya dari awal menyatakan dan selalu mendorong agar KLB itu dijalankan," tegas CEO PSM Munafri Arifuddin saat ditemui usai laga babak 16 besar Piala Indonesia antara PSM menghadapi Perseru Serui, Sabtu (16/2).

Hanya saja, lanjut Munafri, langkah untuk melaksanakan KLB mesti dipertimbangkan dengan baik dan betul-betul dengan perencanaan yang matang. "Tetapi jangan sekarang, karena ini kita ada di tahun politik. Jangan sampai ada lagi 'macam-macam' yang masuk dalam KLB," kata Munafri.

Apabila KLB dilaksanakan dengan tergesa-gesa hasilnya pasti tidak akan maksimal. Padahal KLB sangat penting untuk menyelesaikan polemik pemimpin induk sepak bola Indonesia itu. Menurutnya, KLB merupakan jalan terbaik untuk menentukan siapa yang pantas dan paling berkompeten untuk menduduki posisi tertinggi dalam struktur PSSI.

"Dari awal saya sampaikan, jangan menunjuk orangnya. Kita harus menentukan dulu persyaratan orang untuk bisa duduk di pucuk organisasi sepak bola kita ini. Baru kita pilih siapa yang terbaik, yang memang betul-betul berbobot mengurus jalannya roda organisasi," jelas pria yang akrab disapa Appi ini.

Seluruh pertimbangan juga mesti diperjelas. Mulai dari latar belakang orang-orang yang bakal melanjutkan tujuan organisasi PSSI, hingga perangkat yang tergabung di dalamnya. Semua semata-mata untuk menyatukan tujuan, membuat persepakbolaan Indonesia menjadi lebih baik.

"Ini semua harus orang-orang yang kapabel. Orang-orang yang punya integritas, orang yang tidak ada hubugannya dengan klub-klub manapun. Sehingga semaunya bisa berjalan dengan baik dan tentu yang paling kita harapkan. Muara dari semua ini adalah prestasi untuk membawa sepak bola kita menjadi yang terbaik," tambahnya.

Jokdri, sapaan Joko Driyono, ditetapkan sebagai tersangka atas dugaan perusakan barang bukti pengaturan skor di sepak bola Indonesia. Tanpa pucuk pimpinan, PSSI bak kehilangan marwah jika tak segera melaksanakan KLB.

Editor           : Agus Dwi W
Reporter      : Sahrul Ramadan

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini