alexametrics
Bursa Transfer Liga 1 2020

Takuya Matsunaga Resmi Direkrut, Persipura Batal Kontrak Ilham Udin

17 Januari 2020, 10:56:50 WIB

JawaPos.com – Persipura Jayapura akhirnya secara resmi mengumumkan Takuya Matsunaga sebagai pemain asingnya untuk mengisi slot Asia. Mantan gelandang Kalteng Putera itu menggantikan posisi Oh In-kyun yang memilih bergabung ke Arema FC.

Pemain asal Jepang itu akan menjalin kontrak kerja bersama Mutiara Hitam, julukan Persipura, selama satu musim dengan opsi perpanjangan kontrak. Bergabung ke Persipura menjadi musim keduanya berkarier bersama tim tanah air. Matsunaga juga berhasil memutus dominasi pemain Korsel di tubuh Persipura untuk slot pemain Asia.

Persipura Jayapura

Sebelum bergabung bersama Kalteng Putera di paro musim 2019, pemain berusia 29 tahun itu pernah berlabuh bersama Utenis Utena (Lithuania) selama satu musim (2016-2017). Kemudian hengkang bersama tim asal Estonia, JK Tallinna Kalev selama dua musim. Takuya Matsunaga kemudian bergabung bersama Klaksvikar Itrottarfelag (pramusim) lalu terbang ke Indonesia untuk bermain bersama Kalteng Putera di paro musim tahun 2019.

Selama satu musim bergabung bersama Kalteng Putera, Takuya Matsunaga berhasil tampil dalam 17 pertandingan dengan menciptakan dua gol.

“Ya, kami sudah resmi mengontrak Takuya Matsunaga dengan satu musim. Semoga kehadiran pemain Jepang itu dapat membantu kita di musim 2020,” ungkap Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Kamis (16/1) sore kemarin.

Selain Takuya Matsunaga, orang nomor satu Kota Jayapura itu membeberkan bahwa timnya selangkah lagi mendatangkan satu pemain asing asal Brasil. Namun, pria yang memiliki akronim nama BTM ini masih enggan membeberkan nama pemain asal Brasil tersebut yang digadang-gadang merupakan rekrutan sang pelatih kepala Jacksen F. Tiago.

”Kami akan tunggu sang pelatih kepala Jacksen tiba di Jayapura, beliau (Jacksen) juga akan membawa satu pemain asing dari Brasil dan akan segera kami umumkan bersama Jacksen,” ujarnya.

Soal transfer pemain, BTM menuturkan bahwa manajemen Persipura memberikan seutuhnya wewenang kepada sang juru taktik Jacksen F Tiago. Sebab, Jacksen merupakan orang yang paling memahami kebutuhan dalam timnya. “Kami berikan kepercayaan kepada Jacksen soal pemain. Kami manajemen hanya mengeksekusi saja,” jelasnya.

Dirinya juga menyoroti publik Persipura Jayapura yang menilai manajemen lamban dalam bursa transfer. Sebab, menurutnya, manajemen Persipura tidak tidur soal urusan pemain. Hanya saja, Persipura tidak seheboh dengan tim lainnya. Apalagi manajemen bersama sang pelatih kepala Jacksen sangat hati-hati dalam mendatangkan pemain.

“Jangan berkoar-koar di media, sabar saja. Jika tidak punya kontribusi untuk Persipura jangan bicara banyak. Bilang ganti ketua umum segala. Mari ketemu saya jangan hanya berkoar-koar di media,” tegasnya.

Sementara itu, manajemen Persipura beberapa waktu lalu sempat membangun komunikasi dengan pemain asal Ternate Ilham Udin Armayn untuk Persipura Jayapura pada musim kompetisi Liga 1 2020.

Manajemen Persipura sangat ngebet ingin memboyong bintang timnas U-19 2013 yang musim 2019 bermain bersama Bhayangkara FC. Bahkan, proses pembicaraan pun sudah sangat serius. Sayangnya, agen sang pemain, Muly Munial, justru menyampaikan kepada manajemen Persipura jika Ilham juga mendapat tawaran dari Barito Putra sambil menunggu satu dua hari lagi untuk memastikan bisa atau tidak ke Persipura.

“Untuk itu, manajemen Persipura menyampaikan terima kasih kepada Ilham yang sudah melirik Persipura sebagai pilihan, semoga ke depan Ilham bisa berkembang lebih baik bersama tim pilihan yang lain,” ungkap Sekretaris Umum Persipura Jayapura, Rocky Bebena dalam rilisnya, Kamis (16/1) siang kemarin.

Ilham merupakan pemain yang beroperasi di sektor depan. Untuk itu Persipura memastikan untuk tidak lagi fokus kepada Ilham. Persipura kini mencoba mengalihkan incaran barunya yang diharapkan lebih baik lagi.

“Sesungguhnya Ilham lebih memilih Persipura, tetapi sayang sekali komunikasi terputus dengan agennya yang memantik jika Barito Putra begitu serius dan siap mengontrak Ilham. Atas keputusan ini manajemen akan terus bergerilya memburu pemain lain untuk mengisi slot yang masih kurang,” ujarnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : cendrawasih pos

Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads