alexametrics
Liga 1 2019

Persipura Terpaksa Bertanding di Tenggarong ketika Jamu Persebaya

16 November 2019, 17:00:18 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya akan menghadapi Persipura Jayapura pada Minggu (24/11). Dalam laga tersebut, Persipura berstatus tuan rumah. Karena itu, seharusnya laga dihelat di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Sayang, tak ada rekomendasi izin keamanan. Kondisi tersebut membuat venue laga dipindah. Panpel Persipura kemudian memilih Stadion Aji Imbut, Tenggarong, sebagai venue. Artinya, pertemuan kedua tim akan dilakukan di markas klub Liga 2 Mitra Kukar tersebut.

Persebaya Surabaya

Musim ini, Mutiara Hitam –julukan Persipura– memang mendaftarkan tiga stadion sebagai home base. Yang pertama adalah Stadion Mandala, Jayapura. Kemudian, ada Stadion Gelora Delta dan Stadion Aji Imbut.

Pelatih Persipura Jacksen F. Tiago tak mempermasalahkan hal itu. Menurut dia, timnya sudah terbiasa bermain di luar Jayapura. Terutama sejak tidak berkandang di Stadion Mandala. ’’Di mana pun kami siap. Kami sudah bermain keliling Indonesia sejak Juli lalu kan? Tidak ada masalah,’’ kata pelatih asal Brasil itu saat dihubungi Jawa Pos.

Manajemen Persebaya juga sama. Mereka legawa. Meski, skuad Green Force –julukan Persebaya– akan menempuh perjalanan jauh. Padahal, mereka baru saja bermain kontra PSM Makassar di Stadion Batakan, Balikpapan (14/11). ’’Ya nggak masalah. Toh opsi untuk venue kan ada di tuan rumah (Persipura),’’ kata Sekretaris Persebaya Ram Surahman kepada Jawa Pos.

Pelatih Persebaya Aji Santoso sadar perjalanan jauh akan melelahkan. Karena itu, dia memberikan jatah libur kepada anak asuhnya selama tiga hari. Kemudian, mereka baru kembali berlatih pada Senin (18/11). Beruntung, waktu recovery cukup panjang, yakni sembilan hari. Kondisi itu cukup menguntungkan bagi Green Force. Sebab, pemain yang sempat absen dipastikan bisa tampil kembali. 

Otavio Dutra sudah kembali setelah membela timnas. Hansamu Yama juga bisa turun setelah terkena akumulasi kartu. Tapi, kembalinya dua pemain itu tak lantas langsung digaransi masuk skuad inti. Sebab, ada kemungkinan Aji mempertahankan the winning team saat menang 3-2 atas PSM Makassar (14/11). ’’Masih terlalu dini untuk menentukan siapa yang turun lawan Persipura nanti,’’ ucap mantan pelatih Arema FC tersebut.

Saat ini, kondisi kedua tim berbanding terbalik. Persebaya mampu meraih empat poin dalam dua laga terakhir. Sebaliknya, Persipura hanya meraih satu angka dari dua laga. Karena itu, laga kontra Persebaya akan dijadikan momen untuk segera bangkit.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/tom

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads