alexametrics
Liga 1 2019

Meski Sakit, Ruben Sanadi Tetap Dibawa Persebaya untuk Hadapi Persib

16 Oktober 2019, 17:00:26 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya harap-harap cemas dengan kondisi Ruben Sanadi. Menjelang laga kontra Persib Bandung pada Jumat (18/10), kondisi kapten tim itu belum fit. Dia bahkan absen dalam sesi latihan di Stadion Gelora Delta kemarin sore (15/10).

’’Ruben masih demam,’’ jelas Wolfgang Pikal, pelatih Persebaya. Kondisi yang cukup riskan. Sebab, siang ini skuad Green Force –julukan Persebaya– terbang ke Denpasar.

Persebaya Surabaya

Meski sakit, Pikal memastikan Ruben tetap akan dibawa. ’’Soal main atau tidak, nanti kami lihat kondisinya saat official training (OT),’’ ujar pelatih berdarah Austria tersebut.

Ya, keberadaan Ruben memang sangat krusial bagi tim. Dia tidak tergantikan di posisi bek kiri. Total, Ruben sudah tampil dalam 20 pertandingan, serta mencatatkan 1 gol, 65 intersep, dan 35 sapuan. Belum lagi, mantan pemain Persipura Jayapura tersebut merupakan sosok pemimpin bagi skuad Green Force. ’’Besok (hari ini, Red) kan tidak ada latihan. Semoga (Ruben) segera fit,’’ tutur Pikal.

Kalaupun Ruben absen, Persebaya masih memiliki Novan Sasongko. Mantan pemain Bali United itu bisa bermain sebagai bek kiri. Statistiknya lumayan. Dia mencatatkan 20 intersep dan 36 sapuan dari 11 laga. Selain itu, masih ada Koko Ari Araya. Dia adalah bek sayap Persebaya U-20 yang baru saja keluar sebagai juara. Namun, kans untuk turun cukup kecil. ’’Karena atmosfer Liga 1 dan U-20 itu kan jelas berbeda,’’ terang Pikal.

Meski tampil pincang, Pikal menyatakan bahwa anak asuhnya siap menghadapi Persib. Dia juga sudah mempelajari pola permainan tim berjuluk Maung Bandung tersebut. Menurut dia, ada beberapa pemain yang harus diwaspadai. Salah satunya adalah top scorer Persib dengan enam gol, Ezechiel N’Douassel. ’’Ada juga Esteban Vizcarra. Kami juga harus waspada saat mereka mengambil situasi sepak pojok,’’ kata Pikal.

Untungnya, Pikal merasa pede saat bermain di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar. Sebab, dia yakin Bonek akan memadati markas Bali United tersebut. Apalagi, jarak dari Surabaya ke Bali lebih dekat jika dibandingkan dari Bandung. ’’Ya, menguntungkan kami. Kalau main di Bandung, suporter Persib pasti lebih banyak. Kalau di Bali, mungkin Bonek yang lebih banyak,’’ ucapnya.

Apalagi, Persebaya punya memori manis saat bersua Persib di Stadion I Wayan Dipta. Musim lalu Green Force menang 4-1 atas Persib di stadion tersebut. Meski begitu, Pikal tidak mau anak asuhnya jemawa. ’’Itu hanya sugesti. Selama bola bundar dan lapangan masih hijau, saya nggak percaya seperti itu. Yang jelas, tim harus main bagus,’’ tegasnya.

Di sisi lain, Persib menyambut pertandingan dengan cukup waswas. Sebab, Persebaya diperkuat striker David da Silva. Pelatih Persib Robert Rene Alberts menilai Persebaya lebih kuat dengan Da Silva. ’’Kualitas Da Silva di Liga Indonesia adalah striker terbaik. Jadi, saya pikir Persebaya adalah tim yang sama. Tapi, dengan Da Silva, mereka makin kuat,’’ terangnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads