alexametrics

PSSI Akan Dalami Cara Penanganan Pertama Choirul Huda

16 Oktober 2017, 21:08:54 WIB

JawaPos.com – PSSI akan mencoba dalami cara pertolongan pertama sebelum Choirul Huda meninggal dunia. Mereka ingin cari tahu apakah ada kesalahan dalam penanganan itu.

Kejadian sendiri bermula saat striker Semen Padang, Marcel Sacramento berduel dengan Ramon Sanches untuk merebut bola. Namun, pada saat bersamaan, Choirul Huda maju menyelamatkan bola dan tak melihat arah Ramon datang.

Dalam video, Huda terhantam betis dari Ramon. Dia sempat meringis kesakitan dan kemudian tak sadarkan diri sebelum dinyatakan meninggal dunia.

“PSSI sebenarnya tak buru-buru untuk membuat penilaian tentang bagaimana penanganan yang bersangkutan mulai dari peristiwa, sampai menghembuskan napas terakhir. Kami menyadari bahwa tiap kecelakaan di lapangan, tingkat kesulitan kecelakaan, dan penanganannya harus berbeda-beda,” ungkap Waketum PSSI, Joko Driyono.

Beberapa pendapat memang sempat terlontar, salah satunya menyebut kalau Huda harusnya tak buru-buru dievakuasi sebelum diperiksa tim dokter. Namun, pria yang acap disapa Jokdri itu belum mau bicara banyak.

“Ada case yang punya pendapat bahwa itu seharusnya selesai di lapangan tak harus dibawa ke rumah sakit dan seterusnya. Saya secara pribadi sudah diskusi juga dengan ketua umum, komite medis dan tim di PSSI. Kami akan melakukan pendalaman soal kasus ini, agar ke depan penanganan yang demikian itu menjadi lebih efektif,” papar dia.

Menurutnya, jangan berspekulasi dahulu. Karena perlu adanya pendalaman terkait peristiwa menyedihkan tersebut. “Sebab, banyak kejadian di lapangan. Ada cardiac death, ada jantung, ada benturan di kepala, perut, dan lain-lain. Ini menurut saya penting bagi PSSI untuk menangani sebaik-baiknya,” tandas dia.

Editor : admin

Reporter : (ies/JPC)

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads
PSSI Akan Dalami Cara Penanganan Pertama Choirul Huda