JawaPos Radar

Timnas U-16

Alasan Ketum PSSI Bawa Timnas U-16 Lakukan TC di Medan

16/08/2018, 17:28 WIB | Editor: Agus Dwi W
timnas u-16
Timnas U-16 segera bersiap untuk bertarung di Piala AFC U-16 2018. (Dipta Wahyu/Jawa Pos)
Share this image

JawaPos.com – Timnas Indonesia U-16 sudah sah menjadi yang terbaik di Asia Tenggara. Namun, juara di Piala AFF U-16 adalah tahap awal dari target yang lebih besar. Ajang Piala AFC U-16 yang akan berlangsung pada September mendatang jadi sasaran berikutnya. Bahkan yang utama.

Anak asuh Fakhri Husaini ditargetkan tembus empat besar di Piala AFC. Pasalnya, dengan menjadi semifinalis, Amiruddin Bagus Kahfi dkk berhak melaju ke ajang yang lebih besar: Piala Dunia U-17 2019 di Peru.

Persiapan menuju Piala AFC U-16 pun sudah dimatangkan. Ketua Umum PSSI, Edy Rahmayadi, menerangkan Tim Garuda Asia bakal melakukan training camp jangka panjang pekan depan di Medan. ’’Full di Medan, nanti pada 10 September baru berangkat ke Kuala Lumpur,’’ ucap dia.

Terpilihnya Medan sebagai tempat pemusatan latihan bukan tanpa alasan. Timnas U-16 diharapkan bisa beradaptasi dengan cuaca yang akan dihadapi di Malaysia. Menurut Edy, cuaca dan suhu di Malaysia yang akan menjadi host Piala AFC U-16 tidak beda jauh dengan Medan.

’’Relatif sama kan kondisi udaranya. Biar bisa beradaptasi dan tidak kaget,’’ jelasnya.

Secara pribadi, Edy berharap TC di Medan bisa membantu Timnas U-16 mewujudkan target besar mereka. Dia sangat yakin Tim U-16 bisa tembus ke Piala Dunia U-17 tahun depan. 

Pemilihan Medan memupuskan keinginan pelatih Fakhri Husaini yang sebelumnya akan lakukan TC jangka panjang menuju Piala AFC U-16 di Sidoarjo. Sambutan yang hangat dan sudah merasa nyaman dengan suasana Kota Udang menjadi alasannya. Kenangan indah menjadi juara Piala AFF juga jadi salah satu alasan lain Sidoarjo dianggap memberi keberuntungan kepada tim.

Edy sadar hal tersebut. Tapi, Piala AFC U-16 sudah dipastikan bakal jauh lebih berat dengan AFF U-16. Indonesia berada satu grup dengan Iran, Vietnam, dan India. Kalaupun lolos dari fase grup, tim Garuda Asia bakal berhadapan dengan lawan-lawan berat seperti Korea Selatan, Jepang, Irak, dan Australia.

’’Perlu persiapan matang, lebih kompetitif. Saya berharap TC bisa membuat Timnas jauh lebih sukses. Mari doakan sama-sama,’’ pungkas Gubernur Sumut terpilih ini.

rid

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up