alexametrics
Liga 1 2019

Ruben dan Hansamu Absen Lawan PSM, Djanur Percaya Pemain Pelapis

16 Juli 2019, 17:10:03 WIB

JawaPos.com – Komposisi pemain Persebaya Surabaya saat melawat ke Makassar berubah dari yang disiapkan ketika menantang PSS Sleman lalu. Dua pilar lini belakang, Ruben Sanadi dan Hansamu Yama Pranata, tak ada dalam rombongan Persebaya yang bertolak ke Makassar kemarin sore (15/7). Ruben dan Hansamu mengalami cedera.

Ruben merasa ada yang kurang nyaman di bagian dada. Sementara itu, Hansamu harus melanjutkan perawatan untuk cedera pinggang. Meski tanpa keduanya, Persebaya –seperti ditegaskan sang pelatih Djadjang Nurdjaman– tetap percaya diri menantang PSM Makassar besok malam (17/7). Nyali tim berjuluk Green Force itu tak menciut kendati tak bisa memainkan Ruben dan Hansamu.

”Ruben dan Hansamu memang pemain penting. Tapi, saya sangat percaya dengan kemampuan pemain lain yang menggantikan keduanya,” kata Djanur –sapaan akrab Djadjang Nurdjaman– kepada Jawa Pos kemarin.

Persebaya Surabaya

Bagi mantan pelatih Persib Bandung tersebut, semua pemain Persebaya memiliki peran penting. Siapa pun yang dibawa dan dimainkan pasti akan menampilkan permainan terbaik. ”Jadi, saya tidak khawatir dengan absennya Ruben dan Hansamu. Pemain yang menggantikan sangat bisa diandalkan,” tegasnya.

Soal Hansamu, misalnya. ”Dalam tiga pertandingan sebelumnya kan kami juga tidak diperkuat Hansamu. Jadi, saya tidak terlalu mempermasalahkannya,” ujarnya. Tanpa bek asal Mojokerto itu, duet di jantung pertahanan Persebaya diisi Otavio Dutra dan M. Syaifuddin.

Djanur boleh-boleh saja tidak terlalu pusing dan mempermasalahkannya. Namun, fakta di lapangan berbicara lain. Dalam dua pertandingan sebelumnya (melawan Barito Putera dan PSS), duet Dutra dan Syaifuddin mengulang kesalahan yang sama. Mereka begitu longgar dalam mengawal pertahanan. Dua gol Barito dan dua gol PSS lahir dari situasi yang sama. Pemain Barito dan PSS yang mencetak gol berdiri bebas tanpa pengawalan.

Dengan kondisi tanpa Hansamu dan fakta dalam dua laga memperlihatkan hal seperti itu, bisa dibayangkan betapa bertambah rapuhnya lini belakang Persebaya dengan absennya Ruben. Sebab, bek kiri asal Papua tersebut selama ini tak tergantikan di posisinya. Tak hanya andal dalam bertahan, Ruben juga begitu aktif membantu serangan.

”Kami sudah siapkan antisipasi. Kami sudah utak-atik posisi pemain,” ucap Djanur. Untuk menggantikan posisi Ruben, pelatih yang pernah membesut PSMS Medan itu akan menggeser Novan Setya Sasongko ke kiri. Di posisi bek kanan sangat mungkin akan dipercayakan kepada Abu Rizal Maulana alias Rodeg. ”Dengan komposisi pemain yang kami bawa, kami masih sangat yakin bisa mencuri poin di Makassar,” ujarnya.

Dalam lawatannya ke Makassar kali ini, Persebaya membawa 18 pemain. Dua slot yang ditinggalkan Hansamu dan Ruben diisi Amido Balde dan Elisa Basna. Rombongan Persebaya bertolak ke Makassar kemarin sore via Jogjakarta. Setelah melakoni laga kontra PSS Sabtu lalu (13/7), Persebaya memang memilih tetap bertahan di Jogja.

 


Pada ulang tahun ke-70, Jawa Pos mempersembahkan logo khusus untuk suporter sepak bola Liga 1. Logo-logo tersebut kreasi dari tim desain dan ilustrasi Jawa Posdalam menerjemahkan filosofi klub serta para pendukungnya. Logo-logo itu dapat diunduh secara bebas di link berikut ini: https://logofansfc.jawapos.com/

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads