alexametrics
Bursa Transfer

Lewis Dunk dan Abdou Diallo, Bek Belum Teruji Pun Ikutan Mahal

16 Juli 2019, 17:46:01 WIB

JawaPos.com – Jangankan harga mahal dari bek yang sudah punya nama. Bek yang kurang terkenal pun memiliki banderol yang tidak masuk akal. Lewis Dunk, contohnya. Bek yang bermain di Brighton & Hove Albions itu kini berbanderol GBP 45 juta (Rp 783,9 miliar)!

Padahal, nilai pasaran Dunk musim lalu hanya GBP 629 ribu (Rp 10,96 miliar). Meroketnya nilai transfer bek tengah berusia 27 tahun itu tak terlepas karena dikaitkan dengan Leicester City yang mencari pengganti Harry Maguire. Dunk dengan postur 192 sentimeter dan tangguh dalam duel-duel udara memang memiliki karakter mirip dengan Maguire.

’’Kami menginginkan pemain yang sama bagusnya dengan Harry (Maguire) dan dia (Dunk) masuk kriteria kami,’’ sebut Brendan Rodgers, tactician Leicester, seperti dikutip Leicestershire Live.

Selain Dunk, bek Burnley James Tarkowski masuk bidikan klub berjuluk The Foxes itu. Hanya, nama Dunk-lah yang lebih sering disebut media-media Inggris. Hal tersebut sekaligus pengatrol nilai jual Dunk.

Tapi, partner Dunk di pertahanan The Seagulls, Shane Duffy, punya testimoni menarik, Menurut Duffy, Dunk memang bek tangguh. Bahkan, dua musim lalu, striker tinggi besar seperti Zlatan Ibrahimovic (Manchester United) dibuat frustrasi oleh bek dengan satu caps bersama timnas Inggris tersebut.

’’Dunky selalu bisa memberikan kenyamanan bagi rekannya di sektor pertahanan,’’ ucap Duffy di laman resmi klub.

Bukan hanya Dunk. Bek tengah berusia 23 tahun milik Borussia Dortmund Abdou Diallo juga menjadi pembicaraan di Ligue 1. Itu terjadi setelah Paris Saint-Germain (PSG) bersedia membayar Dortmund EUR 32 juta (Rp 501,45 miliar) untuk servis Diallo. Bek yang dibesarkan AS Monaco (2014–2017) tersebut sejatinya baru musim lalu membela Dortmund setelah ditransfer dari Mainz 05.

Meski belum teruji, PSG memiliki asa bahwa Diallo bisa menjadi calon suksesor Thiago Silva yang musim depan menjalani musim terakhir bersama Les Parisiens. ’’Proyek PSG sangat menarik,’’ ucap Diallo kepada L’Equipe. ’’Hanya, saya tak ingin membuat kehebohan,’’ imbuhnya. Sumber di ESPN menyebutkan, Diallo bisa menjadi pemain PSG hari ini WIB (16/7).

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : ren/dns


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads