alexametrics
Liga 2 2019

Eks Pemain Timnas Spanyol Kembali Latih Mitra Kukar

16 Juni 2019, 13:14:58 WIB

JawaPos.com – Rafael Berges Marin resmi ditunjuk kembali sebagai arsitek Mitra Kukar untuk melakoni Liga 2 2019. Di pundak mantan pemain Timnas U-21 dan U-23 Spanyol tersebut, target ke Liga 1 musim depan tersemat.

Sebelumnya, Berges meninggalkan Mitra Kukar saat terpuruk musim lalu. Hal itu membuat eks pelatih Almeria dan Cordoba itu merasa bersalah. Bahkan saat Naga Mekes terdegradasi, pelatih asal Spanyol itu mengaku sangat bersedih.

Untuk itu, tanpa pikir panjang dia menerima tawaran dari CEO Mitra Kukar Endri Erawan menukangi Anindito Wahyu dkk musim ini. Dengan harapan, bisa mengembalikan tim Kota Raja ke kompetisi kasta tertinggi.
Hal itu diungkapkan Berges kepada Kaltim Post (Jawa Pos Group) selepas memimpin latihan Mitra Kukar di Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, Sabtu (15/6) sore.

Dia mengatakan, keputusannya untuk kembali mengarsiteki Mitra Kukar karena rasa tanggung jawab moral terkait kegagalan musim lalu. “Saya akan melanjutkan pekerjaan yang tertunda musim lalu. Saya sangat bersedih Mitra Kukar terdegradasi musim lalu, dan sekarang saya ingin membawa tim ini ke Liga 1,” ungkap pelatih berkepala plontos tersebut.

Sebagai pelatih asing, Berges bisa saja mencari pelabuhan yang lebih baik ketimbang menukangi tim Liga 2. Tapi secara tegas, dia menyebut, bahwa dirinya sangat mencintai Naga Mekes. Dia juga menuturkan sangat menghormati Endri Erawan sebagai pemilik klub.

“Bagi saya melatih di Liga 1, 2 atau 3 tidak masalah. Asalkan yang saya tangani adalah Mitra Kukar,” imbuh Berges.

Memiliki waktu sepekan jelang kick off Liga 2 2019, Berges optimistis timnya bisa bersaing. Untuk itu, dia menuntut kerja keras anak asuhnya agar target promosi bukan sekadar isapan jempol belaka.

“Waktunya sangat sedikit, tapi jika semua pemain mau bekerja keras pasti bisa bersaing di kompetisi,” papar Berges.

Sementara itu, kapten tim Mitra Kukar, Anindito Wahyu mengaku senang karena akhirnya Mitra Kukar memiliki pelatih kepala. Soal pennujukan Berges, Anindito menuturkan, apa yang dilakukan manajemen tentu sudah dipikirkan matang-matang. Berges dinilai sudah mengetahui sebagian besar karakter pemain di tim.

“Bagi kami sebagai pemain, siapapun pelatihnya kami siap kerja keras dan kerja cerdas. Rafael Berges pelatih bagus,” pungkas Anindito.

Editor : Edy Pramana



Close Ads