alexametrics

Pelatih Myanmar Puji Tinggi Indonesia, Doakan Melawan Vietnam di Final

16 Mei 2022, 11:03:29 WIB

JawaPos.com-Tim nasional Indonesia dipastikan melangkah ke babak semifinal cabang olahraga (cabor) sepak bola SEA Games 2021 Vietnam.

Tiket ke fase semifinal didapat setelah Indonesia mengalahkan Myanmar dengan skor 3-1 di Stadion Viet Tri, Phu Tho, kemarin sore.

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong (STY) merasa puas dengan hasil tersebut. Di atas kertas, Indonesia sebenarnya hanya perlu hasil imbang jika ingin lolos ke semifinal. Namun, opsi itu tidak diambil.

Sejak menit awal, Indonesia tampil menekan. Akhirnya, tiga gol berhasil disarangkan ke gawang Myanmar. Masing-masing gol kemenangan Indonesia diciptakan Egy Maulana Vikri (5’), Witan Sulaeman (9’), dan wonderkid Persebaya Surabaya Marselino Ferdinan (45+1’). Sementara itu, satu-satunya gol Myanmar dicetak Win Naing Tun (65’).

”Saya menegaskan ke para pemain bahwa pertandingan seperti ini jika hanya ditargetkan imbang justru sulit. Jadi, saya mau para pemain bekerja lebih keras dari pertandingan-pertandingan lainnya. Nah, hari ini (kemarin, Red) semua pemain mengikuti instruksi dengan baik. Saya memuji permainan mereka,” tutur pelatih asal Korea Selatan itu setelah pertandingan.

STY mengungkapkan, Indonesia kemarin memainkan permainan yang berbeda dibandingkan saat melawan Filipina. Strategi berbeda karena karakter lawan berbeda.

”Filipina punya postur yang baik. Tapi, gerakan mereka dalam berbalik badan lambat. Jadi, kami memanfaatkan ruang kosong di barisan pertahanan Filipina. Itu membuat kami bisa menang dengan skor besar,” jelas STY.

Sementara itu, Myanmar memiliki organisasi permainan yang baik. STY mempelajari cara bermain Myanmar saat bertanding melawan Vietnam. Dia hadir langsung di Stadion Viet Tri (13/5).

”Saat menghadapi Myanmar, saya meminta para pemain melakukan pressing dengan baik. Kami sukses melakukan itu,” tegas mantan pelatih sekaligus pemain Seongnam Ilhwa Chunma tersebut.

STY belum menentukan strategi yang akan dipakai untuk pertandingan semifinal. Saat ini, dia masih menanti calon lawan yang akan dihadapi. Calon lawan Indonesia baru bisa terlihat hari ini. Sebab, hari ini seluruh pertandingan grup B selesai dimainkan.

Namun, jika melihat klasemen grup B, Indonesia diprediksi akan bertemu Malaysia. Saat ini, Indonesia menduduki peringkat kedua grup A. Berdasar bagan turnamen, runner-up grup A akan bertemu peringkat pertama grup B.

Saat ini, Malaysia memuncaki klasemen grup B dengan 7 poin. Lalu, Thailand berada di bawah Malaysia dengan 6 poin. Posisi kedua tim bisa saja berubah. Thailand bisa menggeser posisi Malaysia. Namun, peluang itu terbilang kecil.

Hari ini, Malaysia dan Thailand sama-sama berhadapan dengan tim lemah. Malaysia melawan tim peringkat keempat Kamboja, sedangkan Thailand melawan juru kunci grup B Laos. Jika Malaysia dan Thailand sama-sama menang, peringkat pertama dan kedua grup B tidak berubah.

”Yang pasti, kami tidak memilih lawan. Siapa pun lawannya, kami akan menyiapkan tim sebaik mungkin,” jelas pelatih kelahiran Yeongdeok, Gyeongbuk, Korea Selatan, 51 tahun lalu itu.

STY akan berjuang membawa Indonesia lolos ke babak final. Target itu dicanangkan untuk membahagiakan seluruh rakyat Indonesia. ”Saya tidak ingin mengecewakan fans. Apalagi, suporter Indonesia sudah banyak yang datang ke sini. Kami akan bekerja lebih keras,” ucap STY.

Sementara itu, meski gagal melangkah ke semifinal, pelatih Myanmar Velizar Emilov Popov merasa bangga dengan performa para pemainnya. Myanmar menutup fase grup dengan berada di posisi ketiga. ”Kami membuat banyak perbedaan di turnamen ini,” ungkap pelatih asal Bulgaria itu.

Mantan pelatih Kelantan FA dan Suphanburi itu mendoakan agar Indonesia bisa melangkah ke partai final SEA Games 2021 Vietnam dan kembali bertemu dengan tuan rumah.

”Mereka adalah dua tim yang layak berada di sana. Indonesia dan Vietnam sama-sama memiliki skuad bagus dan dedikasi yang tinggi,” ucap Popov.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads