alexametrics

Meski Masih Aktif, Yongki sudah Pikirkan Pekerjaan saat Pensiun

16 Mei 2022, 11:16:54 WIB

JawaPos.com-Yongki Aribowo masih aktif bermain sebagai pesepak bola profesional. Musim lalu dia bermain untuk Persiba Balikpapan. Lalu, untuk musim depan, mantan pemain Barito Putera itu mengaku sudah dihubungi klub Liga 2 asal Pulau Jawa.

Meski masih aktif bermain, Yongki sudah mulai memikirkan pekerjaan yang akan digeluti setelah pensiun dari sepak bola. Dia ingin menjadi pelatih dan pengusaha. Saat ini Yongki sudah mengantongi lisensi kepelatihan C AFC.

Dia juga sudah menjalani bisnis apparel dan pembuatan kaus kaki custom.

”Keluarga saya memang punya konfeksi. Jadi, ini nerusin usaha keluarga. Kakak saya mengurus bordir. Kakak kedua saya fokus pada pemasaran. Lalu, adik saya memegang kaus kaki,” ungkap mantan pemain Aceh United itu.

Eks bomber timnas tersebut tidak menampik cukup sulit menjalani bisnis apparel. Terlebih, kompetitornya sudah banyak. ”Yang terpenting bisa berinovasi. Jangan monoton. Apalagi, saya tinggal di Bandung. Banyak teman di bidang itu yang bisa diajak sharing,” papar Yongki.

Untuk karier sebagai pelatih, Yongki saat ini menerapkan ilmu kepelatihannya dengan membantu urusan teknis Munial Sport Grup (MSG). Saat beruji coba melawan RANS Cilegon FC pada 28 April, misalnya, Yongki mengoreksi kekurangan rekan-rekannya sambil ikut bertanding.

”Memang awalnya canggung. Tapi, lama-kelamaan, kalau terjun langsung, jadi terbiasa. Ya, hitung-hitung belajar,” ucapnya.

Yongki berpesan kepada seluruh pesepak bola Indonesia agar mulai memikirkan kehidupan setelah gantung sepatu.

”Kalau bisa, jangan main bola saja. Harus ada pegangan buat ke depan. Sebab, main bola hanya sebentar. Jangan sampai dapatnya enak, buangnya juga enak,” tutur mantan penyerang Persik Kediri itu.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : fiq/c9/ali

Saksikan video menarik berikut ini:

Close Ads