JawaPos Radar

Liga 1 2018

Takluk Dari Barito, Pelatih PSM Akui Skuadnya Kurang Konsentrasi

16/04/2018, 20:50 WIB | Editor: Agus Dwi W
psm makassar
Robert Rene Alberts akui pasukannya kehilangan fokus menjelang akhir pertandingan. (Media Officer PSM)
Share this image

JawaPos.com - PSM Makassar harus pasrah menerima kekalahan setelah ditekuk Barito Putera dengan skor 1-2 dalam laga lanjutan Liga 1 2018 di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin (16/4). Kekalahan tersebut meruntuhkan target Juku Eja yang sangat berharap hasil seri bisa dibawa pulang.

Pelatih kepala PSM, Robert Rene Alberts mengungkapkan salah satu faktor kekalahan pasukannya. Faktor itu tak lain dari konsentrasi seluruh pemain di pengujung laga yang mengalami penurunan.

"Memang salah satu hal mendasar dalam pertandingan tadi adalah pemain-pemain kita sudah kehilangan konsentrasi di menit-menit akhir. Itu yang tidak kita pertahankan dengan baik," ungkap Robert usai pertandingan.

Dalam laga yang berlangsung sengit, Robert menilai timnya cukup bisa mengimbangi permainan tim tuan rumah. Meski sebelumnya, sempat kelimpungan karena pengaruh dari rotasi dan adaptasi pemain. Menurutnya, semangat seluruh pemain untuk pantang menyerah demi meraih target betul-betul ditunjukkan dalam pertandingan.

"Kita bisa lihat sendiri tadi pertandingan seperti apa. Kita main bagus dan anak-anak di lapangan bisa menjaga permainan dengan baik. Kita bisa imbangi mereka. Tapi hasil memang bisa berubah selama pertandingan belum berakhir," ucap Robert.

Robert tak menampik hal ini merupakan kegagalan dalam mewujudkan target yang diusung sebelumnya. Pelatih berkebangsaan Belanda ini juga menyadari, kehilangan pemain pilar sangat berpengaruh dalam performa tim. Kendati begitu, ia tak menyesalkan kegagalan dalam laga ini.

"Kita sadar kekurangan itu. Dan tentu saja ini sangat berpengaruh di dalam tim. Tapi saya tetap apresiasi hasil kerja keras tim kita hari ini," tegasnya.

Mendampingi Robert, kapten tim Zulkifli Syukur mengungkapkan telah berkerja semaksimal mungkin sesuai dengan arahan pelatih. Hanya saja, karena hilangnya fokus khususnya di lini belakang pertahanan diakhir-akhir pertandingan, maka hasil yang sempat dipertahankan pun harus berubah.

"Kalau kecewa, saya kira itu tidak. Kita sudah berjuang dengan semua pemain di lapangan tadi. Hanya memang, sedikit buyar konsentrasi tadi sebelum pertandingan berakhir," tutup Zulkifli.

Gol penentu kemenangan Barito Putera dicetak Matias Cordoba pada menit 90. Menit yang memang cukup krusial karena biasanya konsentrasi para pemain sudah menurun. Kekalahan ini, membuat tim berjuluk Ayam Jantan dari Timur kini harus turun ke posisi tujuh klasemen sementara dengan mengantongi 6 poin.

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up