JawaPos Radar

Liga 1 2018

Eks Gelandang Juventus Turut Cetak Gol, Barito Putera Bungkam PSM

16/04/2018, 18:42 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Barito Putera 2-1 PSM Makassar, Barito Putera, PSM Makassar, Liga 1 2018, Douglas Packer
Douglas Packer mencetak satu gol saat Barito Putera menang 2-1 atas PSM Makassar (Instagram psbaritoputeraofficial)
Share this image

JawaPos.com - Kemenangan atas tuan rumah Persebaya Surabaya pada pekan ketiga ternyata benar-benar membuat Barito Putera memiliki semangat berlipat. Tampil di kandang sendiri menjamu PSM Makassar, Senin (16/4) sore WIB, tim asuhan Jacksen F Tiago itu benar-benar ngotot untuk memetik tiga poin di depan publik sendiri.

Itu dibuktikan dengan gol kemenangan Barito yang dicetak pada masa injury time babak kedua tepatnya menit 90+2. Sebelumnya, Barito sempat unggul dahulu. Namun, PSM mampu membalas untuk menyamakan kedudukan. Secara dramatis, Barito mampu memetik poin penuh di Stadion 17 Mei.

Misi Laskar Antasari - julukan Barito, untuk menuntaskan dahaga kemenangan di kandang sendiri tercapai setelah menundukkan Juku Eja - julukan PSM, dengan skor akhir 2-1. Maklum saja, laga kandang pertama Barito di Liga 1 2018 saat menjamu Persipura Jayapura berakhir imbang 2-2.

Barito Putera 2-1 PSM Makassar, Barito Putera, PSM Makassar, Liga 1 2018, Douglas Packer

Eks gelandang Juventus, Douglas Packer sukses membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-17. Playmaker asal Brasil itu sukses membobol gawang PSM yang dikawal Shahar Ginanjar melalui bola muntah hasil eksekusi penalti dari Syamsul Arif yang ditepis Shahar. Penalti didapatkan Barito setelah Paulo Sintanggang dilanggar oleh bek kanan PSM, Zulkifli Sykur.

Wasit Musthofa Umarella yang memimpin jalannya pertandingan dengan tegas memunjuk titik putih, penalti untuk Barito. Zulkifli juga mendapat hadiah kartu kuning.

Tertinggal 0-1, semangat anak-anak Juku Eja justru makin terpacu. Namun, Barito juga mendapat angin. Mereka tak kalah agresif dan terus membombardir gawang PSM. Lini pertahanan PSM di sektor kanan yang dikawal Zulkifli terus dieksploitasi oleh pemain sayap gesit Barito, Rizky Pora. Kerap kali, pertahanan tim tamu dibuat sibuk oleh serangan demi serangan yang terus dibangun Syamsul Arif cs.

Peluang demi peluang berusaha diciptakan tim tuan rumah, melalui gelandang pengatur serangan Matias Cordoba. Terbukti pada menit 30, Syamsul Arif kembali mendapatkan peluang dari luar kotak penalti. Sayangnya, tendangan datar Syamsul berhasil jatuh di pelukan Shahar.

Memasuki paruh waktu babak pertama, tim tamu perlahan mulai bangkit. Seperti tak ingin terus ditekan, melalui kaki M Rahmat yang menyusur sektor kanan pertahanan lawan, gawang Barito yang dikawal Adhitya Harlan sempat terancam. Beberapa kali mendapatkan peluang tanpa kawalan, lagi-lagi M Rahmat gagal memanfaatkan peluang di depan kotak penalti. Tendangan saltonya memanfaatkan umpan dari Guy Junior gagal dia konversi menjadi gol.

Akhirnya pada menit ke-28, striker Ferdinand Sinaga berhasil menyamakan kedudukan untuk PSM. The Dragon - julukan PSM, menggetarkan jaring gawang Adhitya Harlan dengan sontekan kaki kiri memanfaatkan umpan jauh dari penjaga gawang Shahar. Gol tercipta akibat kelalaian lini belakang Barito yang tak melihat pergerakan Ferdinand dari titik tengah lapangan.

Skor imbang 1-1 bertahan hingga turun minum. Memasuki babak kedua, kedua tim seperti telah membaca kekuatan masing-masing. Pertama kalinya, PSM melakukan pergantian pemain, memasukkan Zulham Zamrun dengan menarik keluar M Rahmat. Masuknya Zulham sedikit memberikan warna baru dalam tim.

PSM yang di babak pertama lebih mengandalkan serangan balik, di babak kedua lebih berani banyak menyerang. Terbukti baru beberapa menit babak kedua berjalan, Guy Junior sempat memberikan ancaman di depan gawang tuan rumah.

Lagi-lagi untuk menambah daya gedor lini tengah, pelatih PSM, Robert Rene Alberts kembali melakukan pergantian pemain. Gelandang mungil Rasyid Bakri ditarik dan digantikan M Arfan.

Tak ingin ketinggalan, rotasi bergiliran juga dilakukan Barito. Pada mmenit 72, Paulo Sitanggang ditarik keluar digantikan Gavin Kwan Adsit. Menyusul pada menit ke-74, Hansamu Yama masuk menggantikan M Rifqi.

Pada menit 80, peluang lagi-lagi sempat tercipta memalui kaki Rizky Pora dari luar kotak penalti. Sayang, kesempatan itu masih bisa dimentahkan Shahar. Memasuki pengujung waktu babak kedua, tepatnya menit ke-88, pencetak gol Ferdinand Sinaga ditarik keluar dan digantikan pemain muda Arsyad Yusgiantoro. Tak lama berselang, petaka bagi tim tamu terjadi.

Pada menit 90+2, Matias Cordoba menjebol gawang tim tamu. Gol diciptakan bermula dari eksekusi tendangan bebas Rizky Pora. Shahar tampak tertipu, setelah Rizky tak langsung melalukan tendangan ke arah gawang. Matias yang bebas tanpa kawalan berada disamping Rizky menerima umpan yang tak disia-siakan, hingga akhirnya melakukan sepakan dari luar kotak penalti yang mengarah ke sudut kiri gawang Shahar. Kiper PSM itu gagal menjangkau bola. Barito memimpin 2-1.

Skor 2-1 bertahan hingga laga berakhir. Jakcsen F Tiago berhasil mewujudkan ambisi menang di kandang sendiri. Hasil yang layak dirayakan oleh Laskar Antasari.

SUSUNAN PEMAIN
Barito Putera: Adhitya Harlan, Nazar Nurzaidin, Dandi Maulana, Aaron Evans, M Rifqi, M Raffi Syarahil, Paulo Sitanggang, Matias Cordoba, Douglas Packer, Samsul Arif, Rizky Pora
Pelatih: Jacksen F Tiago

PSM Makassar: Shahar Ginjar, Zulkifli Syukur, Abdul Rahman, Steven Paulle, Fauzan Jamal, Rasyid Bakri, Rizky Pellu, Asnawi Mangkualam, Guy Junior, Ferdinand Sinaga, M Rahmat
Pelatih: Robert Rene Alberts

(rul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up