JawaPos Radar

AFC Cup 2018

Bukti AFC Memang Butuh Klub Indonesia di Kompetisi Asia

16/03/2018, 13:48 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Persija Jakarta, Bali United, AFC Cup 2018
Atmosfer pertandingan dan animo sepak bola Indonesia jadi daya tarik AFC Cup (Media Persija)
Share this image

JawaPos.com - Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) belakangan menjadi buah bibir usai selalu menyoroti kiprah dua wakil Indonesia pada AFC Cup 2018, yakni Bali United dan Persija Jakarta. Sebab, animo suporter Indonesia membuat kompetisi kian semarak.

Pada gelaran tahun ini, Bali United maupun Persija memang sukses curi perhatian. Kedua klub Tanah Air ini masih punya kesempatan besar untuk lolos dari fase grup G maupun H.

Istimewanya, perjalanan kedua klub tersebut selalu disorot oleh AFC. Sontak, akun-akun media sosial mereka selalu dibanjiri netizen Tanah Air.

Indonesia memang dikenal punya animo sepak bola yang sangat besar. Persija bahkan sukses memecahkan rekor penonton AFC Cup sepanjang masa pada fase grup kala menjamu Tampines Rovers 28 Februari lalu.

Bahkan, dalam dua nomine gol terbaik mingguan terakhir, dimenangkan oleh dua nama dari Indonesia, yakni Rezaldi Hehanusa (saat lawan Tampines) dan Stefano Lilipaly (kala jumpa FLC Thanh Hoa). Kali ini nama Addison Alves yang jadi pahlawan kemenangan Persija atas Song Lam Nghe An masuk nominasi.

Persija Jakarta, Bali United, AFC Cup 2018
Suara Addison Alves jauh unggul. (AFC)

Vote yang didapatkan para pemain Indonesia juga tergolong sangat jauh meninggalkan pesaingnya. Lihat saja Addison Alves, per Jumat (16/3/2018) pukul 13:20 WIB, dia sudah mengumpulkan 90 persen vote, alias 104,125 suara. Catatan itu jauh meninggalkan Safawi Rasid 9514 suara (8%), An Il-Bom 1203 suara (1%)m dan Anumanthan 593 suara (1%).

Persija Jakarta, Bali United, AFC Cup 2018
Perbandingan like Persija lebih banyak dari JDT ()

Belum lagi banjirnya akun media sosial resmi AFC. Saat mengunggah aksi Addison, akun @theafchub bahkan mendapatkan 44 ribu likes. Bandingkan misal dengan aksi JDT yang menang 2-1 atas Tampines Rovers cuma raih 18,401 likes.

Demikian di akun Youtube resminya. Saat Bali United menang atas Thanh Hoa, video review AFC menyentuh angka 127 ribu penonton. Coba bandingkan dengan raksasa Tiongkok di Liga Champions Asia, Shanghai SIPG yang menang 1-0 di markas Ulsan Hyundai cuma meraih 51 ribu penonton.

Persija Jakarta, Bali United, AFC Cup 2018
Viewers LCA Shanghai SIPG bahkan kalah dari Bali United ()

Hal itu memang sudah menjadi bukti betapa sepak bola Indonesia jadi primadona di kancah Asia. Atmosfer pertandingan dari para suporter Tanah Air bahkan mengundang kagum pemain luar negeri.

Pemain naturalisasi Thailand asal Wales, Mika Chunuounsee baru-baru ini bahkan mengungkapkan keinginannya bersua tim Indonesia. Malah, menurutnya sayang sekali tim Thailand tak ada yang masuk ke AFC Cup.

"Sayangnya, tim Thailand tidak bisa main di AFC Cup karena atmosfer di Indonesia sangat GILA. Senang sekali mengalami atmosfer itu jika kami tak lolos ke Liga Champions Asia!!," tulis Chunounsee di akun Twitter-nya.

(ies/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up