alexametrics
Piala Gubernur Jatim 2020

Kanjuruhan Hanya Ramai saat Big Match Arema vs Persija, Sisanya Sepi

16 Februari 2020, 12:22:08 WIB

JawaPos.com – Penyisihan grup B Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020 di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, memanggungkan enam pertandingan. Tiga di antaranya melibatkan kesebelasan tuan rumah: Arema FC. Meski begitu, tak semua pertandingan mampu menarik minat penonton untuk datang ke stadion. Kanjuruhan hanya penuh saat laga Arema kontra Persija.

Pertandingan Arema melawan Persija dihadiri hampir 30 ribu penonton. Atau tepatnya 29.474 pasang mata. Sedangkan lima laga lainnya sepi. Tak terkecuali dua pertandingan Singo Edan –julukan Arema– lainnya. Kala Arema menjamu Sabah FA, penonton yang datang ke stadion hanya 6.748. Jumlahnya turun hampir separo ketika Arema bersua Persela Lamongan. Saat itu yang datang ke stadion cuma 3.662.

”Suporter di sini ini kultural. Bukan model ajakan. Mereka selektif ketika hendak datang menonton ke stadion,” jelas Media Officer Arema Sudarmadji.

Karena itu, saat pertandingan yang melibatkan tim-tim besar, stadion pasti penuh. Manajemen Arema pun tidak kaget ketika dua pertandingan yang melibatkan Hendro Siswanto dkk sebelumnya tidak diminati banyak penonton. Sebab, Sabah dan Persela bukanlah kesebelasan besar yang dihuni nama-nama tenar.

Berbeda sekali yang terlihat tadi malam saat Arema bertemu Persija. Stadion berkapasitas 35 ribu penonton tersebut penuh sesak. Itu pula yang kemarin mendasari keputusan panpel Arema membuat kebijakan pembelian tiket ”paksaan” kepada Aremania. Yakni, pembelian tiket Arema melawan Persija hanya akan dilayani jika penonton membeli salah satu tiket laga sebelumnya.

”Faktor prestasi juga sangat berpengaruh. Jika prestasi Arema sedang bagus, yang datang akan banyak,” ujarnya. Sudarmadji menambahkan, situasi tersebut berlangsung bukan hanya satu dua tahun ini. ”Tren ini terjadi mulai 2011. Atau setelah kami mendatangkan tim-tim luar negeri untuk beruji coba di Kanjuruhan,” imbuhnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Fim

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads