alexametrics
Piala Indonesia 2018-2019

Markkanen Cetak Quattrick, PSM Gulung Perseru 9-0

16 Februari 2019, 17:25:53 WIB

JawaPos.com – PSM Makassar tunjukkan keseriusan mereka di Piala Indonesia. Perseru Serui yang bertamu ke kandang mereka, Stadion Mattoanging Makassar, jadi bulan-bulanan, Sabtu (16/2). Tak tanggung-tanggung, gawang Perseru dibobol 9 kali tanpa balas.

Sejak peluit babak pertama baru ditiup wasit, tuan rumah langsung tampil menekan. M Rahmat menyisir dari sisi kanan pertahanan lawan umpan lambung ke Zulham di tengah diblok penjaga gawang Hendra Mole.

Namun, PSM tak perlu menunggu lama untuk mencetak gol. Gol perdana tuan rumah menit ke-9 berawal dari tendangan bebas Marc Klok dari luar kotak penalti.

Bola sempat diblok oleh Hendra namun Eero Markkanen yang lepas dari kawalan pemain belakang Perseru memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menggetarkan jala gawang lawan. Skor 1-0 untuk keunggulan sementara PSM.

Cendrawasih Jingga mencoba bangkit. Menit ke-20 tendangan Mesak Sarfan dari depan kota penalti tuan rumah nyaris menyamakan keunggulan. Beruntung, Rivky Mokodompit dengan sigap menepis bola keluar dari area terlarang.

Menit 24 tuan rumah kembali menambah keunggulan. Kembali, Markkanen menjadi pencetak gol bagi PSM. Pemain jangkung itu berhasil memanfaatkan umpan M Rahmat dari luar kotak penalti dengan sundulan kepalanya.

Menit 31, giliran Zulham Zamrun yang mencatatkan namanya di papan skor. Umpan mendatar dari Klok dimanfaatkan dengan baik. Hanya berselang dua menit, Zulham kembali menciptakan gol. Klok lagi-lagi menjadi aktor di balik gol eks Persib Bandung itu.

Menit ke-36 Markkanen sukses menciptakan gol ketiganya. Kali ini umpan Zulham yang dimanfaatkan dengan baik. Ini menjadi hattrick pertama Markkanen bagi Juku Eja.

Tak lama kemudian, Zulham menyusul menciptakan hattrick setelah menerima umpan matang dari Klok. Di masa tambahan waktu babak pertama, Markkanen menciptakan gol keempatnya setelah memanfaatkan umpan sodoran M Rahmat. Keunggulan 7-0 PSM untuk Perseru pun menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, Wiljan Pluim dan kawan-kawan sedikit mengendorkan serangan. Membuat tim tamu melalui penyerang asingnya, Silvio Escobar sempat mendapatkan kesempatan emas pada menit 65. Sayang tendangannya dimentahkan Rivky Mokodompit.

Tuan rumah melakukan pergantian pemain menit 67. Markkanen ditarik digantikan penyerang senior, Ferdinand Sinaga. Menyusul M Rahmat ditarik keluar digantikan Bayu Gatra menit ke 72. Perombakan yang dilakukan tuan rumah membuahkan hasil maksimal.

Menit 79, Ferdinand ‘The Dragon’ Sinaga ikut mencatatkan namanya di papan skor. Gol tercipta melalui kemelut setelah tendangan kapten Wiljan Pluim diblok Hendra. Ferdinand yang tak terkawal mampu memanfaatkan bola dengan sentuhan kaki kirinya dari dalam kotak penalti.

Bayu Gatra menutup pesta gol PSM satu menit menjelang waktu normal berakhir. Kemenangan ini membuat peluang PSM untuk lolos ke babak 8 besar sangat terbuka lebar. Karena, pada leg kedua pekan depan, Perseru harus bisa menang dengan minimal mencetak gol yang sama atau lebih. Satu hal yang rasanya sulit dilakukan kecuali ada sebuah keajaiban.

PSM 9-0 Perseru
(Markkanen 9′, 24′, 36′, 45+2′, Zulham 31′, 33′, 38′, Ferdinand 79′, Bayu Gatra 89′)

Berikut susunan pemain kedua tim :

PSM Makassar: Rivky Mokodompit, Aaron Evans, Abdul Rahman, Benny Wahyudi,Taufik Hidayat. Wiljan Pluim, Marc Klok, Zulham Zamrun (Guy Junior 82′), Rizky Pellu, Eero Markkanen (Ferdinand Sinaga 67′), M Rahmat (Bayu Gatra 72′)
Pelatih: Darije Kalezic

Perseru Serui: Hendra Mole, Josua Merauje, Nico Pasura Wirawan, Franklin Rumbiak, Anton Sandi Pairie, Irvin Waromi, Marten Merowi, Mesak Serfan (Adil Nur 86′), Ronaldo Mesido, Delvin Rumbino, Silvio Escobar
Pelatih: Choirul Huda

Wasit: Tabrani (Surabaya)

Editor : Agus Dwi W

Reporter : Sahrul Ramadan

Copy Editor :

Markkanen Cetak Quattrick, PSM Gulung Perseru 9-0