alexametrics
Bursa Transfer Liga 1 2020

Arema FC Nihil Bintang, tapi Sesuai Dengan Keinginan Mario Gomez

16 Januari 2020, 11:30:05 WIB

JawaPos.com – Komposisi Arema FC pada liga 1 2020 bisa jadi tak semoncer musim lalu. Tidak ada pemain bintang. Ini bisa dilihat dari rekrutan anyar yang digaet manajemen Arema FC. Terbaru, tiga pemain baru dikenalkan kemarin. Mereka adalah Ganjar Mukti (eks defender PSIS), Pandi Lestaluhu (eks penyerang Kalteng Putra), dan Taufik Hidayat (eks wingback PSM). Perekrutan tiga nama tersebut diproyeksi mengganti sejumlah nama yang tidak diperpanjang kontraknya. Seperti Hamka Hamzah, Racmat Latief, Rivaldi Bawuo, Ridwan Tawainella, Ikfanul Alam, sampai Ricky Kayame.

General Manager Tim Singo Edan Ruddy Widodo menyebut, nama-nama tersebut merupakan hasil diskusi dengan tim pelatih. Menurut dia, dalam hal transfer pemain baru, pihak manajemen hanya bagian mengeksekusi. ”Sama seperti pemain-pemain lain, ketiga nama itu direkrut atas rekomendasi tim pelatih,” ujar pria asal Madiun itu. Menurut dia, dalam proses pemilihan pemain sudah melalui banyak tahapan.

Arema FC

”Tentu kehadirannya sudah diperhitungkan secara matang, terutama soal teknis,” tambah Ruddy. Lebih lanjut, dia berharap kalau pemain baru tersebut segera bisa beradaptasi dan mampu memberikan kemampuan terbaik untuk tim Singo Edan. Seperti diketahui, untuk kompetisi mendatang, menargetkan ingin menembus kompetisi Asia.

Menanggapi pemain-pemain yang direkrut, Asisten Pelatih Charis Yulianto mengaku kalau nama baru yang masuk skuad tim Singo Edan musim mendatang dipilih lantaran mampu memenuhi persyaratan tim. Yaitu pemain mau untuk bermain ngeyel dan ngotot. ”Keinginan head coach (Mario Gomez), pemain yang berkarakter,” ungkap pria asal Blitar itu.

Lalu, tambah dia, pemain yang mau bekerja buat tim, bermain dengam hati, cerdas, dan mengerti taktik yang diinginkan pelatih.

Charis melanjutkan, untuk kompetisi mendatang, Arema FC ingin lebih kuat dalam segala sektor. Maka dari itu, hampir semua lini bakal mendapatkan sentuhan pemain baru. Salah satu contohnya adalah lini belakang, selain Ganjar Mukti dan Taufik Hidayat kemarin (15/1). Sebelumnya juga sudah ada kata sepakat dengan Bagas Adi Nugroho, Nur Diansyah, dan Syaiful Indra Cahya. ”Keinginan tim pelatih setiap posisi selalu diisi minimal 2–3 pemain yang kualitasnya antara inti dan cadangan tidak jauh bebeda,” ungkapnya. Salah satu alasannya agar keseimbangan di setiap posisi tetap kuat.

Dalam statistiknya, ketiga rekrutan anyar ini memang tidak begitu mencolok. Namun, menurut pertimbangan pelatih, mereka mempunyai potensi yang cocok dengan skema atau strategi yang bakal diterapkan Mario Gomez, yakni bermain penuh determinasi. Seperti contohnya Taufik Hidayat, pemain asal Demak di musim lalu bermain 21 kali, hasilkan 3 assist. Lalu Ganjar Mukti, tampil selama 4 kali dan belum pernah mencetak gol. Sedangkan Pandi Lestaluhu, mantan pemain asal Kalteng Putra itu bermain sebanyak 24 kali dan mencetak 1 gol.

Sukses bergabung dengan Arema FC, membuat ketiganya berniat memberikan yang terbaik untuk tim di musim mendatang. Malah, ada yang tidak takut menargetkan ingin membantu Tim Singo Edan merengkuh trofi kompetisi mendatang. ”Saya ingin membawa Arema menjadi juara,” terang dia. Demi mewujudkan hal itu, dia tidak sungkan untuk bekerja keras selama berkostum Tim Singo Edan.

Setali tiga uang dengan Taufik, baik Fandi dan Ganjar menargetkan ingin memberikan yang terbaik untuk Tim Singo Edan. ”Kami ingin membantu tim lebih baik lagi di musim depan,” ungkap kedua pemain. Seperti diketahui, di Liga 1 2019 lalu, Arema FC gagal mencapai target tembus di tiga besar. Dendi Santoso dan kawan-kawan malah finis di urutan ke-9.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : radar malang

Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads