JawaPos Radar

Piala Presiden 2018

Wasit Pertandingan di Piala Presiden Ditentukan 2 Jam Sebelum Kick-off

16/01/2018, 10:40 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Wasit Pertandingan di Piala Presiden Ditentukan 2 Jam Sebelum Kick-off
Wasit dalam sebuah laga di Liga 1 2017. Di Piala Presiden 2018, wasit baru ditentukan 2 jam sebelum laga dimulai (Muhammad Idham Ama/Fajar)
Share this

JawaPos.com - Piala Presiden 2018 bakal berbeda dari biasanya. Organizing Commitee (OC) gelaran pramusim ini telah menetapkan regulasi. Sejumlah terobosan dilakukan guna membuat turnamen ini berjalan dengan baik dan tentunya berkualitas.

Salah satu yang menarik perhatian adalah pengumuman nama wasit yang memimpin laga. Itu dilakukan dua jam sebelum pertandingan dimulai. Padahal biasanya nama-nama sang pengadil sudah diumukan saat Match Coordination Meeting (MCM) dilakukan yakni sehari jelang laga.

"Wasit adalah hal utama yang sangat kami perhatikan. Terobosan yang kami lakukan adalah wasit nanti akan diumumkan dua jam sebelum kick-off. Dalam MCM tidak ada yang tahu siapa wasit yang memimpin," ujar anggota OC Piala Presiden 2018, Risha Adi Wijaya, seperti dilansir liga-indonesia.id.

Kebijakan tersebut diambil guna mengurangi adanya kemungkinan intimidasi dan pengaturan skor. Hal itu berkaca dari Liga 1 2017 lalu yakni seringkali ada protes dari pihak klub terkait kepemimpinan wasit.

Regulasi itu mendapat sambutan positif. Salah satunya datang dari Chief Executive Officer (CEO) PSM Makassar, Munafri Arifuddin. Dia mengapresiasi kebijakan yang diambil OC Piala Presiden 2018. Munafri menilai regulasi baru sah saja diterapkan dalam turnamen pramusim, yang nantinya akan bermuara pada kompetisi resmi.

"Kami anggap turnamen pramusim sebagai jalan PSSI mencari yang terbaik. Menurut saya wajar saja. Penerapan regulasi pastinya akan bermuara di Liga 1," ungkap Munafri.

Selain pengumuman wasit dua jam sebelum pertandingan, regulasi baru lainnya adalah soal pemain asing. Setiap klub boleh mendaftarkan enam pemain asing. Namun tetap 3+1 (tiga non-Asia dan 1 Asia) yang masuk daftar susunan pemain.

(epr/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up