alexametrics
Liga 1 2019

Osvaldo, Rian, dan Supriadi Siap Main saat Persebaya Tantang Persija

15 Desember 2019, 12:00:33 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya mendapat suntikan modal bagus untuk melanjutkan tren positifnya. Green Force –julukan Persebaya– beroleh tambahan amunisi menjelang bentrokan kontra Persija Jakarta (17/12). Osvaldo Haay, Rachmat ’’Rian’’ Irianto, dan M. Supriadi kembali bergabung dengan skuad. Ketiganya sudah mengikuti sesi latihan di Stadion Gelora Bung Tomo kemarin sore.

Osvaldo dan Rian baru saja memperkuat timnas U-23 di ajang SEA Games 2019. Sementara itu, Supriadi bergabung dengan timnas pelajar. Kehadiran Osvaldo yang paling ditunggu. Maklum, dia merupakan pemain tersubur timnas U-23 di SEA Games 2019 dengan mencatatkan delapan gol.

Persebaya Surabaya

Pelatih Persebaya Aji Santoso antusias menyambut kehadiran tiga pemain muda itu. ’’Sejak pertama saya melatih, tim kan tidak pernah komplet. Makanya, dengan kehadiran mereka, saya senang sekali,’’ kata pelatih 49 tahun itu. Kembalinya Osvaldo dan Rian mungkin akan mengubah komposisi starter.

Di sisi winger, hadirnya Osvaldo bisa mengancam posisi Diogo Campos atau Oktafianus Fernando. Apalagi, Osvaldo memang punya statistik cukup apik. Dari 18 laga bersama Green Force, mantan pemain Persipura Jayapura itu mengemas lima gol. Sementara itu, Rian bakal bersaing dengan Aryn Williams di posisi gelandang jangkar. ’’Hadirnya dua pemain ini membuat tim lebih kompetitif. Mudah-mudahan tim menjadi lebih bagus,’’ tambah Aji.

Soal persaingan, Rian ogah memikirkan. Yang jelas, dia tahu bukan hal mudah untuk tampil sebagai starter. Apalagi, performa Aryn tengah menanjak dengan mencetak dua gol dalam dua laga terakhir. ’’Kalau soal tampil, saya harus bekerja lebih keras. Biar nanti Coach Aji yang menilai saya layak tampil atau tidak,’’ terang putra asisten pelatih Bejo Sugiantoro itu.

Latihan kemarin juga menjadi momentum perdana Rian merasakan polesan Aji. Dia menilai, Aji memiliki banyak perbedaan dengan pelatih sebelumnya. Terutama soal gaya bermain. Permainan bola dari kaki ke kaki membuatnya terkesima. ’’Saya sampai kaget. Ini Persebaya atau Barcelona? Saya sampai tanya itu ke Cak Rendi (Irwan). Saya rasa itu bagus lah,’’ tambah jebolan tim internal Indonesia Muda itu.

Itu membuat Rian pede menjelang menghadapi Persija (17/12). Meskipun, tekanan akan besar lantaran laga dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. ’’Teman-teman di tim enjoy. Nggak ada panik atau khawatir. Siapa pun lawannya, kami akan main lepas,’’ jelas Rian.

Tekanan dari suporter Persija itu malah dinanti Aji. ’’Saya malah berharap tidak ada bangku kosong di stadion saat laga lawan Persija nanti,’’ kata mantan pelatih Arema FC itu.

Aji meminta anak asuhnya tetap tenang. Dia justru senang jika nanti Persija didukung banyak suporter. Hal itu berkaca dari laga derbi Jatim yang berlangsung tanpa penonton (12/12). ’’Sebab, bagaimanapun, kalau tidak ada penonton, banyak aksi yang tidak terlihat,’’ terang pelatih asal Malang itu.

Aji meminta Ruben Sanadi dkk tidak jemawa meski tim belum tersentuh kekalahan dalam enam laga terakhir. Sebab, Persija baru saja menang besar, 4-0, atas Madura United (13/12). ’’Setelah menang di derbi Jatim, saya sampaikan ke pemain bahwa semua belum tuntas. Masih ada derbi lain yang harus diselesaikan. Saya yakin laga akan seru. Sebab, dua tim punya sejarah panjang,’’ papar Aji.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads