alexametrics

3 Alasan Persija Akan Menyesal Bila Melepas Teco

15 Desember 2018, 04:50:36 WIB

JawaPos.com – Persija Jakarta dikabarkan tak akan memperpanjang kontrak Stefano Cugurra Teco. Andai kabar itu benar adanya, mereka bisa saja menyesal dengan keputusan tersebut.

Belakangan Kabar Macan Kemayoran tak akan memperpanjang masa bakti Teco merebak. Meski sukses menghadirkan gelar juara Liga 1 2018, Teco disinyalir sering beradu pendapat dengan Dirut Gede Widiade.

Beberapa kandidat pelatih baru pun muncul. Namun, kubu Persija harus memikirkan masak-masak soal keputusan tersebut. Melepas Teco bisa menjadi bumerang.

Berikut ada tiga alasan Persija akan menyesal andai melepas Teco versi JawaPos.com:

1. Teco Ubah Wajah Persija

Hanya dalam waktu dua tahun, tangan dingin pelatih asal Brasil itu sukses mengubah wajah Persija. Masih hangat dalam ingatan pada ISC 2016, jangankan juara, meraih kemenangan saja jadi barang langka buat Persija.

Musim berikutnya, Teco datang. Pada musim perdananya, dia sukses membawa Persija finis di urutan keempat klasemen Liga 1 2017 dan lolos ke AFC Cup 2018.

Liga 1 2018 menjadi pembuktian buat eks pelatih Chiangrai United itu. Awalnya, dia sukses membawa Persija juara Sportfix Boost Supercup, Piala Presiden, meloloskan diri ke semifinal AFC Cup zona ASEAN, hingga juara Liga 1 2018 yang sudah 17 tahun dinanti. Dua tahun menjadi hasil yang boleh dibilang sangat instan dari Teco untuk Persija.

2. Teco Tahu ‘Jeroan’ Tim

Teco jelas sudah mengetahui seluk-beluk atau ‘jeroan’ Persija. Dua tahun terakhir, dia tak banyak mengubah komposisi skuad utamanya. Hanya ada beberapa pemain baru yang menjadi kunci keberhasilan seperti Riko Simanjuntak, Jaime Xavier, hingga Marko Simic.

Terlebih, sang pelatih sangat dihormati oleh pemain senior dan bintang Persija Jakarta. Bahkan, Ismed Sofyan menaruh respek tinggi kepada Teco.

“Saya sangat respek dengan Coach Teco yang sudah dua tahun ini bekerja sama. Dia merupakan pelatih yang sangat profesional, terutama saat memilih pemain yang akan diturunkannya,” bilang Ismed.

3. Pelatih Baru Butuh Adaptasi

Pelatih baru tentu akan ada sistem yang baru juga dalam skuad Persija. Pemain yang nantinya dipertahankan pastinya akan beradaptasi lagi dengan keinginan pelatih anyar nantinya.

Keinginan setiap pelatih jelas berbeda. Pemain yang mengilap bersama Teco, bahkan belum tentu posisinya aman di tangan nakhoda baru.

Patut dinantikan memang seperti apa keputusan Persija. Sebab, kontrak Teco sendiri akan kedaluwarsa akhir Desember ini.

Editor : Edy Pramana

Reporter : (ies/JPC)



Close Ads
3 Alasan Persija Akan Menyesal Bila Melepas Teco