alexametrics
Liga 1 2019

Dukungan Bonek Menggema dari Balik Pintu Utara Stadion Batakan

15 November 2019, 08:00:23 WIB

JawaPos.com – Song for Pride berkumandang di Stadion Batakan, Balikpapan, kemarin sore. Lagu itu dinyanyikan Bonek tepat sebelum kickoff Persebaya Surabaya kontra PSM dilakukan.

Nyanyian itu terdengar nyaring. Padahal, laga tersebut berstatus tanpa penonton. Kok bisa? Ya, dalam pertandingan kemarin sekitar seratus Bonek datang ke Stadion Batakan. Mereka berasal dari tiga wilayah di Kalimantan Timur. Yakni, Balikpapan, Samarinda, dan Bontang. Merekalah yang lantang menyanyikan Song for Pride dari balik pintu masuk tribun utara Stadion Batakan.

Persebaya Surabaya

”Inilah Bonek. Walaupun status pertandingan tanpa penonton, kami tetap punya keinginan kuat untuk mendukung langsung Persebaya,” kata Fendik Rahmanto, ketua Bonek East Borneo Balikpapan, kepada Jawa Pos. Beragam chant dukungan terus dikumandangkan. Dukungan Bonek tak sia-sia. Green Force –julukan Persebaya– mampu meraih kemenangan 3-2 atas PSM. Dukungan Bonek itu diapresiasi skuad Green Force. Seusai laga, staf pelatih dan pemain mendatangi Bonek yang ada di pintu tribun utara.

Bukan hanya Bonek yang hadir. Fans PSM juga datang ke Stadion Batakan. Mereka mendukung dari balik pintu tribun selatan. Tidak terjadi gesekan. ”Kami punya hubungan yang baik dengan fans PSM. Jadi, tak ada masalah,” tambah pria asli Sidoarjo itu.

Bonek East Borneo bahkan berpeluang menyaksikan langsung Persebaya bertanding lebih sering. Sebab, manajemen Green Force memiliki opsi untuk berkandang di Batakan musim depan. Itu tak lepas dari rencana renovasi Gelora Bung Tomo, Surabaya, pada 2020.

Hal itu disambut baik oleh Bonek East Borneo Balikpapan. Mereka siap mengerahkan pasukan setiap Ruben Sanadi dkk berlaga. Saat ini ada sekitar 300 anggota Bonek East Borneo. ”Kami juga siap menampung Bonek yang datang langsung dari Surabaya. Kami sudah pernah melakukan itu saat Piala Gubernur Kaltim tahun lalu,” sambung Wakil Ketua Bonek East Borneo Balikpapan Fredy Prasetyo.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads