alexametrics

Presiden Madura United Luncurkan Buku Memoar Sepak Bola

15 Oktober 2020, 12:40:56 WIB

JawaPos.com-Presiden Madura United Achsanul Qosasi meluncurkan memoar sepak bola. Perjalanan Achsanul yang berkiprah sejak tahun 1999 dibukukan dengan judul Achsanul Qosasi: 10.01 Cerita Bola: dari Madura, Moscow Hingga Liverpool.

“Ini cerita perjalanan saya di dunia sepak bola, detail, dan disampaikan dengan dukungan foto-foto,” kata AQ, sapaan akrab Achsanul Qosasi dalam keterangan pers yang diterima JawaPos.com.

Buku ini memiliki 120 halaman dan full color. Kisahnya adalah cerita soal kecintaan Achsanul kepada sepak bola. Saking cintanya, dia menganggap sepak bola ibarat istri kedua. “Jangan hentikan saya kalau sudah bicara sepak bola,” katanya.

Achsanul memulai kiprahnya dari klub kecil, PS Merpati, lalu PSJS Jakarta Selatan, Asprov PSSI DKI, hingga menjadi pengurus di PSSI. Setelah itu, dia memiliki klub profesional, Madura United.

Di tangan Achsanul, Madura United menjadi tim kuat dan bertransformasi sebagai ikon lain bumi Madura selain garam, santri, karapan sapi, atau pondok pesantren.

Di buku ini juga dipaparkan soal munculnya bintang-bintang yang datang silih berganti ke Madura. Bahkan, sejak 2012, puluhan pemain asing dari lima benua pernah singgah di Madura United.

Buku ini juga menceritakan soal anak Achsanul, Annisa Dzafarina. Achsanul menyebut, Nisa, panggilannya, sebagai penerusnya di sepak bola.

Nisa, putri tunggalnya itu baru saja lulus dari UEFA Certificate Course. Nisa saat ini menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Madura United. “Sampai nggak sadar, buku ini juga menyebut kami adalah football family,” ucap Achsanul.

Buku ini juga memuat sederet testimoni. Antara lain dari Greg Nwokolo, Haruna Soemitro, Slamet Nurcahyo, hingga Rahmad Darmawan, dan Direktur PT Polana Bola Madura Habib Zia Ulhaq.

Editor : Ainur Rohman




Close Ads