alexametrics
Kelanjutan Liga 1 2020

Pelatih Persebaya: Untuk Perizinan, Federasi Pasti Melakukan Lobi

15 Oktober 2020, 09:50:55 WIB

JawaPos.com – Nasib kelanjutan Liga 1 musim 2020 kembali dalam tanda tanya besar. Sebab, pihak kepolisian menegaskan tidak akan memberikan izin meski PSSI, PT LIB, dan klub-klub sudah bersepakat akan memulainya awal November. Meski begitu, kondisi tersebut tidak memengaruhi skuad Persebaya Surabaya.

Tim berjuluk Green Force itu akan tetap menjalani latihan seperti biasa. Sejak 31 Agustus, Persebaya memang sudah rutin melakukan latihan. ’’Saya sudah melakukan komunikasi dengan manajer (Candra Wahyudi). Sudah kami putuskan kalau tim akan tetap berlatih,’’ kata pelatih Persebaya Aji Santoso saat dihubungi Jawa Pos.

Aji tahu belum ada izin dari pihak kepolisian. Artinya, kompetisi belum pasti berjalan. Bahkan, ada kemungkinan Liga 1 2020 ditunda lagi. Tapi, keputusan yang diambil dengan pihak manajemen sudah bulat. ’’Kami tetap menggelar latihan dan manajemen tidak masalah dengan itu,’’ terang mantan pelatih Persela Lamongan dan Arema FC tersebut.

Lagi pula, Aji tahu PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) tidak akan sembarangan mengambil keputusan. Meski belum mendapat izin, pelatih 50 tahun itu yakin PSSI dan LIB akan berupaya mendapatkan izin.

’’Karena federasi sudah mengambil keputusan kompetisi lanjut, untuk perizinan, mereka pasti akan melakukan lobi-lobi sehingga kompetisi bisa terlaksana,’’ terang Aji.

Karena itu, Aji yakin kompetisi bisa diputar. Pelatih asal Kabupaten Malang itu pun mulai memberikan materi latihan yang berat kepada pemainnya. Hal itu dilakukan agar anak asuhnya dalam kondisi fisik terbaik saat kompetisi dimulai.

’’Latihan yang saya berikan intensitasnya lebih tinggi. Sesuai dengan keputusan federasi yang akan menggulirkan kompetisi pada November,’’ jelas Aji.

Kapten Persebaya Makan Konate tidak masalah intensitas latihan mulai ditambah. ’’Kami optimistis dan ikut program yang diberikan pelatih,’’ kata mantan pemain Arema FC tersebut.

Sama dengan Aji, dia berharap kompetisi benar-benar bisa berjalan November mendatang. ’’Kami tunggu kabar baik saja,’’ tambahnya.

Sebagai kapten, dia berharap tidak ada lagi penundaan. Hal itu pula yang dirasakan rekan satu timnya di Green Force. ’’Saya sama teman-teman merasakan hal yang sama ya. Kami rindu bermain bola. Kami ingin liga lanjut dan berjalan kompetitif,’’ terang gelandang asal Mali tersebut.

Apalagi, saat ini Persebaya sudah bisa berlatih dengan kekuatan terbaik. Hanya minus Rizky Ridho dan M. Supriadi yang bergabung dengan timnas U-19.
Jika berlangsung November, liga bisa digelar dengan sistem kompetisi penuh.

Tapi, jika tertunda lagi, format kompetisi bisa berubah. ’’Kalau kompetisi mundur lagi, ya bisa pakai format lain. Karena waktunya sangat mepet dengan Piala Dunia U-20 kan,’’ papar Aji.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : gus/c17/ali




Close Ads