alexametrics

Evaluasi Tetap Ada, Tapi Shin Tae-yong Sebut Mental Pemain Timnas Baik

15 Oktober 2020, 08:11:37 WIB

JawaPos.com – Timnas Indonesia U-19 tidak bisa mengulangi permainan apiknya ketika melawan Makedonia Utara U-19 pada 11 Oktober lalu. Tadi malam waktu Indonesia (14/10) di Stadion NK Uskok Klis, Split, melawan tim yang sama, David Maulana dkk hanya mampu bermain imbang tanpa gol.

Hasil seri itu membuat tren positif timnas U-19 terhenti. Sebelum hasil seri tadi malam, tiga kemenangan beruntun berhasil dipetik. Yakni, melawan Dinamo Zagreb, NK Dugopolje, dan terakhir Makedonia Utara.

Rotasi pemain yang dilakukan pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong di beberapa posisi, tampaknya, sangat memengaruhi agresivitas permainan Garuda Muda. Beberapa pemain penting tidak dimainkan sebagai starter.

Beckham Putra yang didapuk sebagai jenderal di lapangan tengah tampak kewalahan menghadapi duel-duel fisik dengan gelandang Makedonia Utara selama pertandingan.

Alhasil, tidak ada suplai bola manja ke depan. Timnas U-19 tercatat hanya menciptakan satu peluang emas pada menit ke-39 oleh M. Bahril Fajar Faresa. Selebihnya, kiper timnas U-19 asal PSMS Medan Adi Satriyo harus jatuh bangun mengamankan gawangnya dari serangan lawan.

Pelatih timnas U-19 Shin Tae-yong punya penilaian sendiri terkait performa anak asuhnya tadi malam. Menurut dia, pemain sudah bekerja keras, tetapi belum menunjukkan performa terbaik.

Pelatih asal Korea Selatan itu juga menganggap kondisi lapangan berpengaruh pada penampilan anak asuhnya. ’’Hari ini lapangan kurang bagus, jadi pemain tidak bisa optimal,’’ ujar Shin Tae-yong sebagaimana disampaikan media officer timnas U-19.

Pelatih yang pernah mengarsiteki timnas Korea Selatan itu menilai, masih banyak yang harus dibenahi. Seperti power, passing yang lebih detail dan berkualitas, serta mencari ruang kosong di belakang pertahanan lawan. ’’Mental sudah baik,’’ tambahnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : rid/c17/ali




Close Ads