alexametrics
Liga 1 2019

Persipura vs Persela: Pembuktian Bahwa Bukan Tim Alex

15 September 2019, 12:00:19 WIB

JawaPos.com – Menuntaskan putaran pertama Liga 1 musim 2019 dengan mengemas 26 gol. Dari jumlah itu, 16 di antaranya diborong striker Alex dos Santos. Artinya, selama ini skuad Laskar Joko Tingkir –julukan Persela– sangat bergantung kepada penyerang asal Brasil tersebut.

Bagaimana jika Persela harus tampil tanpa Alex? Itu bisa dilihat sore nanti saat Persela menghadapi Persipura Jayapura di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Persipura Jayapura

Pelatih Persela Nil Maizar tak menampik bahwa absennya sang bomber andalan bakal berdampak pada performa tim. Namun, Nil sudah menyiapkan komposisi terbaik tanpa Alex dos Santos. ’’Tentu sebagai pelatih berharap bisa memaksimalkan pemain pengganti. Mudah-mudahan pemain pengganti bisa menempati posisi Alex dengan baik,’’ ujar Nil Maizar. Rafinha yang selama ini menjadi winger mungkin akan digeser untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Alex.

Pada matchday ke-18 ini, Persela diuntungkan karena Persipura tidak bermain di kandang sendiri. Laga sore nanti juga digelar tanpa penonton karena tidak mendapat rekomendasi dari pihak kepolisian. Tiga poin pun dibidik agar Laskar Joko Tingkir bisa memperbaiki posisi di klasemen. Sementara ini, Eky Taufik dkk masih terdampar di posisi ke-15 klasemen.

’’Sebagai pelatih, saya sudah siapkan pemain dari segi fisik dan taktik. Tinggal besok (hari ini) kami menghadapi Persipura dengan kesungguhan hati. Kami akan membulatkan tekad. Mudah-mudahan harapan kami memetik poin maksimal bisa tercapai,’’ ungkap Nil Maizar.

Persela Lamongan

Ambisi Persela untuk meraih poin sempurna dipastikan tidak mudah. Sebab, tim lawan sedang on fire. Tim Mutiara Hitam tak terkalahkan dalam lima laga terakhir dengan meraih empat kali kemenangan dan sekali seri.
’’Sama seperti pertandingan sebelumnya, kami ingin hasil maksimal. Kami sudah buat rencana dengan harapan bisa meraih hasil baik pada setiap laga,’’ ujar pelatih Persipura Jacksen F. Tiago.

Bermain sebagai tim musafir, menurut Jacksen, tak dijadikan beban oleh timnya. Mantan pelatih Barito Putera tersebut justru menilai situasi itu bisa semakin menguji dan menguatkan mental penggawanya. ’’Saya rasa selama masih di wilayah Indonesia, itu tidak masalah. Saya melihat dari sisi positifnya,’’ ucap pelatih yang akrab disapa Big Man itu.

Perkiraan pemain
Persipura (4-3-3): 27-Dede Sulaiman (g); 21-Yustinus Pae, 3-Andre Ribeiro, 4-Ricardo Salampessy, 82-Valentino Talaubun; 10-Ibrahim Conteh, 32-M. Tahir, 8-Oh In-kyun; 86-Boaz Solossa (c), 19-Mamadou Samassa, 25-Titus Bonai
Pelatih: Jacksen F. Tiago

Persela (4-3-3): 33-Dwi Kuswanto (g); 14-M. Birrul Walidain, 4-Demerson Bruno, 2-M. Zaenuri, 30-Eky Taufik; 99-Delvin Rumbino, 8-Kei Hirose, 13-Lucky Wahyu; 27-Sugeng Effendi, 26-Rafinha, 77-Malik Risadi
Pelatih: Nil Maizar

Stadion: Gelora Delta, Sidoarjo
Kickoff pukul 15.30 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : nia/ali



Close Ads