alexametrics
Liga 1 2019

Jose Sardon Merapat ke Persebaya, Aryn Williams Bisa Terdepak

15 September 2019, 17:00:27 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya punya lima pemain asing. Mereka adalah Otavio Dutra, David da Silva, Manuchekhr Dzhalilov, Aryn Williams, dan Damian Lizio.

Tapi, nama terakhir dikabarkan sudah terdepak. Namanya sudah tidak masuk dalam daftar skuad Green Force –julukan Persebaya– di situs resmi PT Liga Indonesia Baru (LIB). Persebaya sudah menyiapkan penggantinya. Siapa? Mereka bakal mendatangkan gelandang yang pada putaran pertama lalu berkostum Semen Padang, Jose Sardon.

Persebaya Surabaya

Manajemen Green Force masih bungkam soal transfer pemain asing tersebut. Tapi, saat Jawa Pos melakukan konfirmasi, Sardon tidak membantah bahwa dirinya bakal merapat ke Persebaya. Sang agen, Danny Taurrus, bahkan disebut sudah melakukan negosiasi dengan manajemen Persebaya. ’’Saya berharap segera bergabung (dengan Persebaya),’’ katanya singkat.

Negosiasi harus berjalan cepat. Sebab, deadline transfer ditutup besok (16/9). Artinya, semua proses administrasi sudah harus beres saat itu juga. Masalahnya, jika Sardon bergabung, Persebaya akan memiliki lima pemain asing. Sebab, proses naturalisasi Dutra belum juga rampung.

Padahal, besok sudah memasuki batas akhir bursa transfer. Bek Otavio Dutra juga berharap segera berstatus WNI. Sebab, dia sangat ngebet berseragam timnas Indonesia di laga resmi FIFA. Sayang, Dutra tidak bisa memastikan kapan status WNI akan didapatkannya. ’’Saya masih tunggu. Semoga dalam waktu dekat semua sudah selesai,’’ katanya kepada Jawa Pos.

Jika Dutra belum berstatus WNI saat bursa transfer ditutup, praktis Persebaya harus mencoret seorang pemain lagi kalau Sardon deal ke Persebaya. Jika terwujud, sangat mungkin Aryn yang terdepak. Sebab, hingga saat ini, proses administrasi pemain asal Australia itu belum juga tuntas.

Manajemen Persebaya juga bingung soal Aryn. Sebab, belum ada izin dari pihak Kementerian Tenaga Kerja. Akibatnya, pemain 26 tahun itu belum bisa turun bersama Green Force. ’’David da Silva sebelumnya hanya membutuhkan waktu dua hari. Kami heran kenapa Williams sudah tiga hari (izin) belum keluar,’’ kata Sekretaris Persebaya Ram Surahman.

Kemungkinan Aryn tak terpakai juga besar. Apalagi, asisten pelatih Persebaya Wolfgang Pikal menegaskan, timnya butuh playmaker asing. Posisi yang sesuai dengan Sardon.

Jika dilihat dari statistik, sebetulnya performa Lizio jauh lebih baik ketimbang Jose Sardon. Bersama Green Foece, Lizio mencetak dua gol dari 14 laga. Sementara itu, Sardon hanya mencatatkan satu assist dari sembilan laga bersama Semen Padang.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads