alexametrics
Duka Persebaya

Pertimbangkan Diubah Menjadi Gate 21 Joner atau Tribun Joner 21

15 Juli 2019, 12:00:48 WIB

JawaPos.com – TPU Keputih, Surabaya, kemarin siang dipenuhi pendukung Persebaya Surabaya, Bonek. Mereka mengantarkan Jhonerly Simanjuntak ke peristirahatan terakhir. Cak Joner –sapaan Jhonerly– mengembuskan napas terakhir Kamis lalu (11/7). Cak Joner merupakan salah seorang yang dituakan dan dihormati di kalangan Bonek.

Pria kelahiran 9 Maret 1979 itu menjadi salah seorang pionir Bonek ketika memperjuangkan Persebaya Surabaya yang sempat dibekukan. Cak Joner sekaligus menjadi pelecut bagi Bonek ketika mulai putus asa saat memperjuangkan Persebaya.

Hal itu juga diakui Manajer Fans Relation Persebaya Sidik Maulana Tualeka yang datang mewakili manajemen Persebaya kemarin. ”Beliau itu semacam sumbu yang memanaskan gelora perjuangan di saat Persebaya mati suri. Beliau mampu merawat dan menjaga stabilitas perjuangan tersebut,” tutur pria yang akrab disapa Alex itu.

Persebaya Surabaya

Atas perjuangan tersebut, Alex mengusulkan Gate 21 diabadikan menjadi Gate Cak Joner. Namun, bagi Alex, pergantian nama tersebut tidak menjadi keharusan. Semua dikembalikan pada keputusan arek-arek Gate 21.

”Gate 21 itu kan yang menggagas beliau. Saya sekadar mengusulkan untuk menghargai perjuangannya untuk Persebaya dan Bonek. Karena kami juga membaca momen, mungkin sudah jalan cerita, Gate 21 kan baru saja ulang tahun pertama beberapa hari lalu (9/7),” jelas Alex.

Sementara itu, salah seorang pentolan di Gate 21 Yanto Brewok langsung menjawab usul dari perwakilan manajemen. Pria yang disapa Cak Brewok tersebut tak menolak usul tersebut. Namun, hal itu akan dirundingkan lebih dulu dengan arek-arek Gate 21 lainnya.

”Kalau disakralkan mungkin jangan lah. Kesannya tribun yang lain nanti nggak sakral. Kalau ganti nama untuk menghormati dedikasi beliau, mungkin iya. Kemarin sudah ada pandangan untuk diubah jadi Gate 21 Joner atau Tribun Joner 21. Akan kami rembukkan dulu,” ucapnya.

Di sisi lain, jajaran manajemen, pemain, dan pelatih Persebaya memang tak bisa hadir dalam acara pemakaman Cak Joner. Saat ini mereka masih berada di Jogjakarta dan bersiap menuju Makassar untuk menghadapi PSM Makassar (17/7). ”Tapi, meskipun mereka jauh, Cak Joner tetap ada di hati Persebaya,” ucap Alex.

 


Pada ulang tahun ke-70, Jawa Pos mempersembahkan logo khusus untuk suporter sepak bola Liga 1. Logo-logo tersebut kreasi dari tim desain dan ilustrasi Jawa Posdalam menerjemahkan filosofi klub serta para pendukungnya. Logo-logo itu dapat diunduh secara bebas di link berikut ini: https://logofansfc.jawapos.com/

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : nia/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads