alexametrics
Piala Gubernur Jatim 2020

Persela vs Sabah FA: Saatnya Para Pemain Pelapis Unjuk Gigi

15 Februari 2020, 11:00:10 WIB

JawaPos.com – Perjalanan Persela Lamongan dan Sabah FA di Piala Gubernur Jawa Timur 2020 sama-sama tidak berlanjut. Tiket semifinal di grup B telah digenggam Arema FC dan Persija Jakarta. Meski begitu, masih ada satu pertandingan yang harus mereka jalani. Satu laga tersisa tersebut mempertemukan keduanya di Stadion Kanjuruhan, Malang, sore ini (siaran langsung MNCTV pukul 15.30 WIB).

Persela maupun Sabah tidak mau melewatkan pertandingan itu begitu saja. Kedua tim tidak sekadar ingin meraih kemenangan. Lebih dari itu, Laskar Joko Tingkir, julukan Persela, dan Sabah ingin memanfaatkan pertandingan terakhir mereka di Piala Gubernur Jawa Timur untuk memberikan kesempatan bermain kepada para pelapis sekaligus pemain-pemain muda yang mengisi skuad. Persela dan Sabah ingin memberikan menit bermain sebelum terjun mengarungi kompetisi.

Kebetulan laga sore ini menjadi pertandingan uji coba terakhir Persela sebelum tampil di Liga 1 musim 2020. Pun demikian bagi Sabah. ’’Kesempatan ini tidak boleh kami sia-siakan. Pemain-pemain yang belum tampil dalam uji coba atau pertandingan sebelumnya akan kami turunkan semua,’’ tegas asisten pelatih Persela Didik ’’Pacul’’ Ludianto.

Pernyataan tidak berbeda meluncur dari pelatih Sabah Kurniawan Dwi Yulianto. ’’Mereka yang sebelumnya belum main akan kami beri kesempatan untuk tampil agar tidak tertinggal pemain lainnya. Agar mereka benar-benar memahami game plan yang kami rancang,’’ tambah pelatih asal Magelang tersebut.

Dengan memberikan kesempatan kepada semua pemain untuk turun ke lapangan, tentu akan tumbuh rasa percaya diri dalam diri mereka. Mental tanding teruji. Pemahaman taktikal yang diberikan pelatih selama berlatih juga bisa diimplementasikan. Imbasnya, tim akan benar-benar siap mengarungi kompetisi. Sebab, semua pemain telah berada dalam atmosfer pertandingan.

’’Ini akan lebih sempurna kalau kami menang. Tentu, mental tanding akan terdongkrak untuk menghadapi laga pertama di liga yang akan kami mainkan di kandang lawan,’’ kata Pacul.

Persela akan mengawali kompetisi Liga 1 di kandang Persib Bandung. Laga tersebut dijadwalkan berlangsung pada 1 Maret. ’’Harapan kami, pemain yang besok (hari ini) kami turunkan menunjukkan kemampuan terbaiknya,’’ katanya.

Alfonsius Kelvan yang akan diberi kesempatan tampil menegaskan akan memberikan kemampuan terbaiknya. Kelvan berjanji menjaga gawang tim asal Kota Soto tersebut agar tidak dibobol lawan. Jika Kelvan benar-benar diturunkan, itu akan menjadi kenangan tersendiri baginya. Sebab, kedatangannya ke Kanjuruhan sebelumnya diliputi ketegangan dengan suporter Arema. Tepatnya saat dia berkostum Persebaya pada musim 2018.

’’Kejadian itu sudah jadi kenangan masa lalu. Saat ini fokus saya untuk Persela. Jika diberi kepercayaan tampil, tentu saya akan bermain maksimal untuk membawa tim ini meraih hasil terbaik,’’ ucap Kelvan.

Perkiraan Pemain

Persela (4-2-3-1): Alfonsius Kelvan (g); Birrul Walidain, Roni Fatahila, Jasmin, Lukas Guruh; Heru Setiawan, Ryan Wiradanata; Prisca Womsiwor, Dadang, Abiyoso; Diego Banowo.
Asisten pelatih: Fabio Oliveira-Didik Ludianto

Sabah FA (4-4-2): Robson Rendyrining (g); Ummareng Bacok, Mafry Balang, Rawilson Batuil, Evan Wensley; Alto Linus, M. Azzizan, Petrus Shitembi, Ricco Nigel; Ariusdius Jais, M. Azwan.
Pelatih: Kurniawan Dwi Yulianto

Stadion: Kanjuruhan, Kabupaten Malang
Live: MNCTV pukul 15.30 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads