alexametrics
Piala Indonesia 2018-2019

Prediksi Borneo FC vs PSS Sleman: Ancaman Super Elja di Kandang Pesut

15 Februari 2019, 03:05:43 WIB

JawaPos.com – Laga babak 16 besar antara Borneo FC melawan PSS Sleman akan menjadi pertemuan resmi kedua tim. Musim lalu, keduanya berbeda kasta. Tapi musim ini, PSS bakal satu level dengan Borneo FC.

Bedanya, Borneo FC sudah mendatangkan pemain asing anyar untuk menghadapi musim ini. Selain mempertahankan Matias Conti, tim berjuluk Pesut Etam ini sukses mendatangkan bek asal Belanda Jan Lammers juga Javlon Gusynov dan Renan Silva.

Kehadiran para pemain asing tersebut jelas bisa menjadi pembeda dalam laga nanti. Terlebih, hingga saat ini PSS belum juga mendapatkan pemain asing yang sesuai keinginan. Sehingga, skuad Super Elang Jawa akan menurunkan 100 persen pemain lokal saat bertamu ke Stadion Segiri Samarinda, Jumat (15/2) malam nanti.

pss sleman
Sidik Saimima, penggawa anyar PSS yang langsung jadi andalan pelatih Seto Nurdiyantara. (Ridho Hidayat/JawaPos.com)

Dalam daftar 15 pemain yang dibawa PSS ke Samarinda, tak satu pun nama pemain asing di dalamnya. Hanya ada para penggawa lama seperti Rangga Muslim dan Ega Rizky yang ditambah dengan rekrutan baru. Seperti Sidik Saimima, Nerius Alom, juga Hari Yudo.

Meski demikian, Borneo pantang memandang remeh PSS. Karena skuad lokal yang didatangkan PSS musim ini termasuk punya kualitas mumpuni. Mereka pun sudah punya jam terbang tinggi di tingkat nasional.

Sidik Saimima pernah membela Persebaya Surabaya. Lalu di posisi striker juga kini diisi Hari Yudo yang sebelumnya sukses mengantarkan Kalteng Putra promosi ke Liga 1 2019. 

”Fakta bahwa PSS Sleman sebagai tim promosi dari Liga 2 tidak akan mempengaruhi apapun. Tentu ada motivasi besar di PSS untuk menunjukkan mereka pantas di Liga 1,” ucap pelatih Borneo, Fabio Lopez.

Selain itu, pelatih PSS Seto Nurdiyantara pun terus menggembleng skuadnya untuk menghadapi Pesut Etam. Fokus Seto terutama dalam dua hal: fisik dan penguasaan bola.

Hal ini tak lepas dari hasil evaluasi Seto dalam laga sebelumnya melawan Barito Putera di babak 32 besar. Fisik para pemain PSS terlihat mudah kedodoran sehingga lawan bisa mudah mencetak gol. Inilah yang terus dibenahinya sebelum menghadapi Borneo.

“Persiapan tim lebih kita tekankan kepada fisik dan penguasaan bola. Dua hal ini menjadi fokus kami karena di laga sebelumnya, kami hanya mampu menguasai bola 30 persen sedangkan Barito Putera 70 persen,” ungkap Seto di laman resmi klub.

Seto menambahkan, “Kami berharap melawan tuan rumah Borneo FC ada peningkatan berarti dari tim kami. Penguasaan bola harus kami tingkatkan dan kami siap bermain maksimal tanpa beban.”

Meski PSS tanpa diperkuat pemain asing, Borneo memang pantang jemawa. Pasalnya, PSS mampu menundukkan Barito Putera sebagai sesama tim asal Kalimantan di kandang lawan. Bukan mustahil, dengan semangat yang lebih tinggi sebagai tim yang inferior, bakal membuat PSS tampil trengginas di Segiri.

5 Pertandingan Terakhir Borneo
06/02/19: Borneo 6-0 PSMP
29/01/19: PSMP 1-3 Borneo
09/12/18: Borneo 1-3 PS TIRA
03/12/18: Martapura 0-1 Borneo
30/11/18: Barito Putera 1-0 Borneo

5 Pertandingan Terakhir PSS
31/01/19: PSS 3-3 Barito Putera
23/01/19: Barito Putera 1-2 PSS
04/12/18: Semen Padang 0-2 PSS
28/11/18: PSS 2-0 Kalteng Putra
25/11/18: Kalteng Putra 0-0 PSS

Perkiraan susunan pemain
Borneo FC (4-2-3-1): Gianluca Pandeynuwu, Abdul Rachman, Jan Lammers, Javlon Gusynov, Diego Michiels, Asri Akbar, Wahyudi Hamisi, Sultan Samma, Terens Puhiri, Ambrizal Umanailo, Lerby Eliandry
Pelatih: Fabio Lopez

PSS Sleman (4-3-3): Ega Rizky, Gufron, Zamzani, Ikhwan, Bagus Nirwanto, Sidik Saimima, Nerius Alom, Rangga Muslim, Ricky Kambuaya, Arsyad Yusgiantoro, Hari Yudo
Pelatih: Seto Nurdiyantara

Prediksi JawaPos.com
Borneo menang: 30%
PSS menang: 20%
Imbang: 50%

Editor : Agus Dwi W

Prediksi Borneo FC vs PSS Sleman: Ancaman Super Elja di Kandang Pesut