alexametrics
Liga 1 2019

Kesulitan Home Base di Jatim, Musim Depan Persebaya Bisa di Batakan

14 November 2019, 12:00:40 WIB

JawaPos.com – Stadion Batakan, Balikpapan, merupakan markas tim Liga 2, Persiba Balikpapan. Tetapi, musim depan bisa jadi stadion yang diresmikan pada 2018 tersebut juga menjadi markas Persebaya Surabaya.

Kok bisa? Itu terkait dengan rencana renovasi kandang Persebaya, Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Renovasi tersebut membuat Persebaya ’’terusir’’. Nah, stadion Batakan menjadi salah satu opsi home base Green Force –julukan Persebaya– musim 2020.

Persebaya Surabaya

Sebetulnya, opsi awal bukan Stadion Batakan. Sekretaris Persebaya Ram Surahman mengungkapkan, pihaknya ingin Persebaya bermain di Jawa Timur. Ada beberapa pilihan stadion. Salah satunya, Gelora Delta, Sidoarjo. ’’Tapi, kami kesulitan (dapat izin) kalau main di sekitar Surabaya,’’ kata Ram saat ditemui Jawa Pos di Stadion Batakan kemarin sore.

Menurut dia, ada ketakutan dari sisi keamanan. Pindah home base dengan tetap di kawasan Jatim sulit terwujud. Kondisi itu terlihat sejak laga kontra PSM Makassar ditunda pada 2 November lalu. Saat itu manajemen Green Force sudah mengajukan beberapa stadion sebagai pengganti GBT. Selain Gelora Delta, ada Stadion Surajaya, Lamongan, dan Gelora Bangkalan. Karena itu, opsi bermain di Batakan menjadi masuk akal.

Rencana sudah dibuat, tetapi belum final. Ram menegaskan, pihaknya akan tetap berjuang agar Persebaya bisa berkandang di Jatim. Untuk memudahkan upaya tersebut, manajemen Green Force bakal menghadap Ketua PSSI Mochamad Iriawan. ’’Beliau (Iwan, Red) ini kan polisi. Kami mau minta petunjuk seharusnya kami seperti apa,’’ tuturnya.

Laga kontra PSM menjadi kali pertama Persebaya bermarkas di Batakan. Di sisa musim ini masih ada empat laga home yang akan dilakoni Green Force. Ram berharap pihaknya masih bisa menggunakan GBT. ’’Kami kasih menunggu hasil banding. Sembari berharap kami bisa bermain di GBT di sisa empat laga home nanti,’’ ucapnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads