alexametrics

Lima Tahun Disanksi, Hisyam Tolle Ditolak Ikut Tarkam, Warkop Tutup

14 September 2021, 14:23:16 WIB

JawaPos.com-Achmad Hisyam Tolle masih menjalani sanksi PSSI. Pemain 27 tahun itu dilarang berkecimpung di dunia sepak bola selama lima tahun. Bagaimana kabarnya sekarang?

Masih ingat Hisyam Tolle? Itu lho, pemain PSIM Jogjakarta yang melakukan tendangan kungfu. Kaki kanannya tepat mengarah ke wajah pemain Persis Solo kala itu, M. Sulthon Fajar.

Aksi brutalnya tak hanya dilakukan di tengah lapangan. Setelahnya, dia mendatangi salah seorang jurnalis, kemudian meminta foto tendangan kungfunya dihapus.

Hisyam tidak pernah melupakan momen yang terjadi di Stadion Mandala Krida, 21 Oktober 2019, itu. Sebab, atas kelakuan bengalnya tersebut, dia disanksi larangan bermain lima tahun oleh PSSI.

Kini, sudah dua tahun sanksi dijalani. Apakah dia baik-baik saja? Secara fisik, tentu saja baik. Tapi, tidak demikian dengan mentalnya.

Banyak kejadian tak terduga yang sudah dia alami. Sejak disanksi, Hisyam memilih pulang kampung ke Makassar. Dia kemudian mencoba mendapatkan pendapatan dengan ikut tarkam.

Sayang, Hisyam ternyata juga di-banned dalam tarkam. ’’Waktu saya ikut tarkam, banyak warga yang protes. Mereka tidak ingin pemain yang pernah melakukan tendangan kungfu seperti saya ikut bermain,’’ tutur mantan pemain PSS Sleman itu.

Dia memilih mundur. Tidak ikut tarkam.

Dia kemudian mulai menjajal peruntungan di dunia kuliner. Awal 2020, Hisyam sempat membuka warung kopi di Makassar. Awalnya, warkop miliknya ramai. Sayang, kondisi itu tidak bertahan lama.

’’Sejak ada pandemi (warung kopi) malah sepi. Apalagi sempat ada lockdown. Sekarang warkop sudah saya tutup,’’ ungkap pemain yang berposisi sebagai stoper itu.

Kondisi tersebut sempat membuatnya bingung. Memang, dia belum menikah. ’’Tapi, saya ini tulang punggung keluarga. Saya yang menghidupi orang tua,’’ bebernya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : Bagus Putra Pamungkas/c17/ali

Saksikan video menarik berikut ini:



Close Ads