alexametrics
Liga 1 2019

Wolfgang Pikal Belum Disahkan, Persebaya Lewati Deadline 30 Hari

14 September 2019, 16:42:53 WIB

JawaPos.com – Bejo Sugiantoro tampak sibuk di bench Persebaya Surabaya. Dia rajin memberikan arahan kepada pemain Green Force –julukan Persebaya– dari pinggir lapangan. Bejo seharusnya tidak sendirian. Sebab, asisten pelatih yang lain, Wolfgang Pikal, punya tugas serupa.

Namun, hanya Bejo yang menemani pemain di bench. Lantas ke mana Pikal? Pelatih 51 tahun itu hanya mengamati pemainnya dari bangku VVIP. Dia ditemani pemain baru Persebaya Aryn Williams.

Persebaya Surabaya

Saat ditanya, Bejo secara gamblang memberikan penjelasan. Pikal, terang dia, sejatinya sudah bersiap untuk duduk di bench. ”Tapi, di menit akhir ternyata ada kabar bahwa coach Pikal belum disahkan di putaran kedua ini,” jelas Bejo. ”Jadi, saya yang mengawal tim. Kalau bukan saya, siapa lagi?” ucap asisten pelatih yang tengah mengejar lisensi A AFC itu.

Jika Pikal belum disahkan, Persebaya bisa saja berada dalam masalah. Sebab, sesuai regulasi pasal 30 ayat 11, setiap tim sudah harus memiliki pelatih kepala setidaknya 30 hari setelah PT LIB menerima surat pemberhentian pelatih sebelumnya. Padahal, Djadjang Nurdjaman dipecat pada 10 Agustus lalu. Artinya, Persebaya sudah melewati deadline 30 hari.

Masih dalam pasal yang sama, tim yang melanggar akan dikenai hukuman, yakni denda Rp 100 juta. Namun, Bejo enggan memikirkan hal itu. Dia memilih fokus di lapangan. ”Kalau lebih detailnya bisa langsung (tanya, Red) ke manajemen,” tuturnya.

Bejo juga menilai absennya Pikal tidak berpengaruh ke permainan di lapangan. ”Karena kami sudah berlatih selama dua pekan. Jadi sudah paham gaya permainan seperti apa,” ujarnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads