alexametrics
Timnas Indonesia

Indonesia U-15 dan U-19 Tanpa Target pada Piala AFF

14 Juli 2019, 10:00:21 WIB

JawaPos.com – Timnas Indonesia U-15 dan U-19 yang bakal bertanding di Piala AFF pada 27 Juli–9 Agustus dan 5–18 Agustus mendatang berangkat tanpa target juara. Piala AFF hanya dijadikan ajang uji coba dan persiapan menuju Piala AFC.

Menurut Sekjen PSSI Ratu Tisha, target utama dari dua kelompok usia timnas itu adalah lolos ke Piala AFC. Piala AFF hanya dijadikan tolok ukur kemampuan tim. ’’Ini sekaligus seleksi pemain terbaik sebelum ikut kualifikasi Piala AFC,’’ tuturnya.

Meski tanpa persiapan matang, Tisha menilai hal itu tak lantas melepas begitu saja Piala AFF. Dia tetap berharap dua timnas kelompok usia tersebut memperoleh hasil terbaik. ’’Kami juga tidak ingin membebani para pemain. Perlu diingat, kelompok usia itu yang paling penting perkembangannya. Prestasi baru dinilai ketika di tim senior nanti,’’ ungkapnya.

Timnas U-19 maupun timnas U-15 sudah melakukan persiapan. Timnas U-19 telah melakukan beberapa pencoretan. Sejauh ini, pelatih timnas U-19 Fakhri Husaini punya 26 pemain untuk persiapan Piala AFF.

Fakhri berharap skuad yang ada bisa mengikuti seleksi menjelang turnamen Piala AFF, sekaligus menunjukkan konsistensi dalam berlatih. ’’Mengeluarkan kemampuan terbaik juga. Perlu diingat, saya hanya mencari pemain dengan aspek fisik, teknik, skill, taktik, dan mental yang bagus,’’ jelasnya.

Akhir Juli, tim bakal menyisakan 23 pemain. Mereka akan dibawa ke Vietnam untuk ikut Piala AFF U-18. ’’Semoga bisa memberi hasil yang baik,’’ ucapnya.

Sementara itu, pelatih timnas U-15 Bima Sakti sudah mengantongi 25 nama yang bakal ikut training camp hingga 24 Juli mendatang di Bogor. Mereka dinilai sudah layak dan akan diseleksi lagi untuk mencari skuad terbaik menuju Piala AFF U-15. ’’Saya juga akan membenahi dan mempertajam pertahanan tim. Defence akan jadi fokus sebelum masuk ke taktikal,’’ paparnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid/ali

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads