alexametrics
Liga 1 2019

Bagi-Bagi Boneka, Bonek Buang Kesan Menakutkan

14 Juli 2019, 11:00:49 WIB

JawaPos.com – ’’Medeni (menakutkan),’’ kata Rukmono Siswihjanto. Selama bertahun-tahun, kesan itulah yang begitu melekat dalam benak Direktur Medis dan Keperawatan RSUP Dr Sardjito, Jogjakarta, tentang Bonek. Karena itu, ketika mendapat kabar Bonek minta izin hendak melakukan pembagian boneka untuk pasien kanker di rumah sakit tempatnya bekerja, dia sempat kaget sekaligus tidak percaya.

Nah, kesan menakutkan itu sirna ketika kemarin (13/7) Bonek benar-benar datang ke RSUP Dr Sardjito. Pendukung setia Persebaya tersebut datang membawa sekitar 600 boneka. ’’Ini menunjukkan bahwa Bonek telah berubah,’’ ujar Rukmono setelah menerima kunjungan Bonek.

Bonek datang didampingi dua maskot Persebaya Jojo dan Zoro. Begitu tiba di RSUP Dr Sardjito, mereka lalu membagi-bagikan boneka kepada anak-anak penderita kanker dan pasien lupus di rumah sakit tersebut. Dua maskot Persebaya itu melakukan aksi sosial bersama Bonek Jogja dan perwakilan suporter tiga kesebelasan asal Jogja: PSIM Jogjakarta, PSS Sleman, dan Persiba Bantul.

Persebaya Surabaya

Boneka pertama diberikan kepada pasien lupus di instalasi rawat jalan rumah sakit terbesar di Kota Gudeg tersebut. Setelah itu, mereka melakukan aksi sosial di ruang Cempaka Mulya. Secara simbolis, mereka menyerahkan boneka kepada Lintang Krisnaji, pasien penderita kanker ginjal yang masih berusia 15 tahun. Lintang tampak senang menerima hadiah boneka. Lintang menganggukkan kepala ketika ditanya apakah senang saat mendapatkan boneka tersebut.

Aksi bagi-bagi boneka itu tidak hanya dilakukan di RSUP Dr Sardjito. Sebab, dari Surabaya, Jojo dan Zoro membawa 1.000 boneka. ’’Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman Bonek dengan apa yang dilakukan hari ini (kemarin, Red),’’ ujar Rukmono.

Dia berharap Bonek semakin baik ke depan. ’’Lebih dari itu, apa yang dilakukan Bonek hari ini menunjukkan bahwa bal-balan itu bukan tawuran, bukan hal-hal berbau urakan. Sepak bola itu merekatkan paseduluran (persaudaraan, Red),’’ paparnya.


Pada ulang tahun ke-70, Jawa Pos mempersembahkan logo khusus untuk suporter sepak bola Liga 1. Logo-logo tersebut kreasi dari tim desain dan ilustrasi Jawa Posdalam menerjemahkan filosofi klub serta para pendukungnya. Logo-logo itu dapat diunduh secara bebas di link berikut ini: https://logofansfc.jawapos.com/

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads