alexametrics

Musim Pembuktian Deden Natshir Bersama Klub Baru

14 Mei 2022, 12:34:22 WIB

CEDERA parah juga pernah menimpa Deden Natshir saat memperkuat Persib Bandung. Dia menderita cedera patah tulang kering atau tulang fibula saat menjaga gawang tim berjuluk Maung Bandung itu dalam pertandingan melawan sang rival abadi, Persija Jakarta, di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Deden masih mengingat jelas peristiwa pada 10 Juli 2019 tersebut. Saat itu striker asing Macan Kemayoran –julukan Persija– Bruno Matos berhasil lolos dari jebakan offside. Dia akhirnya berhadapan one-on-one dengan Deden.

Dalam situasi itu, Bruno mencoba menendang bola. Deden berusaha mematahkannya. Sayang, dalam duel tersebut, kaki Bruno mengenai tulang kering Deden.

Deden langsung meringis kesakitan dan tidak dapat melanjutkan pertandingan. Posisinya di bawah mistar digantikan I Made Wirawan.

Cedera itu menjadi yang paling kelam sepanjang karier Deden. Kiper dengan nama lengkap Muhammad Natshir Fadhil Mahbuby itu sampai harus mengakhiri Liga 1 musim 2019 lebih cepat daripada rekan-rekannya.

Deden menyebut perjuangan untuk sembuh sangat berat. Selain bergulat dengan penyembuhan, dia harus melawan rasa jenuh dan frustrasi.

”Kadang saya sangat bersemangat untuk sembuh. Namun, kadang juga semangat saya menurun karena lama menunggu kesembuhan,” ungkapnya.

Untuk melawan rasa bosan, penjaga gawang jebolan Pelita Jaya itu mencari kesibukan lain. Terkadang, Deden berkumpul bersama teman-teman dan keluarga. ”Setelah dipikir-pikir, ada hikmah yang bisa dipetik dari cedera yang saya alami. Saya jadi bisa lebih punya banyak waktu untuk berkumpul bersama keluarga,” terangnya.

Setelah lebih dari dua tahun melewati berbagai fase untuk sembuh dari cedera, Deden akhirnya come back pada Liga 1 musim 2021–2022. Pertandingan pertamanya bersama Persib pascacedera dijalani saat berhadapan dengan Barito Putera di Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang, pada 4 September 2021.

Dalam laga itu, Deden berhasil menjaga gawang Persib tidak kebobolan. Maung Bandung menang dengan skor 1-0. Namun, Deden mulai terpinggirkan dari skuad utama Pangeran Biru, julukan Persib.

Ya, dalam 34 pertandingan Liga 1 musim 2021–2022, Deden hanya dimainkan delapan kali. Pelatih Robert Rene Alberts lebih banyak memberikan kesempatan bermain kepada Teja Paku Alam.

Karena itu, Deden memutuskan untuk keluar dari Persib. Saat ini dia resmi menjadi bagian dari klub promosi Dewa United FC. Di petualangan barunya itu, Deden akan membuktikan bahwa dirinya masih layak diperhitungkan.

”Kondisi saya sekarang fit 100 persen. Jadi, secara fisik dan mental, saya siap untuk Dewa United,” tegasnya.

Editor : Ilham Safutra

Reporter : fiq/c19/ttg

Saksikan video menarik berikut ini:


Close Ads