JawaPos Radar | Iklan Jitu

Liga 1 2018

Marcel Sacramento Cetak Brace, Persipura Tahan Imbang Sriwijaya FC

Sriwijaya FC 2-2 Persipura Jayapura

14 April 2018, 18:34:29 WIB | Editor: Agustinus Edy Pramana
Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, Liga 1 2018
Sempat tertinggal 0-2 lebih dahulu, Persipura Jayapura tahan imbang Sriwijaya FC (Arif Subekti/Radar Banjarmasin)
Share this

JawaPos.com - Hasil luar biasa diraih Persipura Jayapura saat melawat ke kandang Sriwijaya FC di Gelora Sriwijaya Jakabaring, Sabtu (14/4) sore WIB. Tim asuhan Peter Butler itu memang hanya meraih satu angka, namun cara mereka mendapatkannya sangat luar biasa dan layak diacungi jempol.

Bagaimana tidak, gawang Dede Sulaiman kebobolan dua gol terlebih dahulu pada babak pertama. Namun, Persipura mampu melakoni comeback gemilang di babak kedua. Penyerang impor asal Brasil, Marcel Sacramento, mencetak brace dan menghindarkan Mutiara Hitam dari kekalahan sekaligus memetik satu poin dari GSJ.

Hasil seri dengan skor 2-2 membuat Sriwijaya FC kontra Persipura selalu imbang dalam tiga pertemuan terakhir. Sebelumnya di Liga 1 2017, kedua tim juga dua kali bermain imbang. Uniknya, semua dengan skor sama yakni 2-2.

Persipura Jayapura, Sriwijaya FC, Liga 1 2018
Duel seru Sriwijaya FC vs Persipura Jayapura berakhir imbang 2-2 (liga-indonesia.id)

Tampil di kandang sendiri dan ingin menebus kekalahan 0-3 di kandang Madura United pada pekan ketiga, Sriwijaya FC langsung agresif sejak menit pertama. Meski secara penguasaan bola kalah, namun Laskar Wong Kito memeragakan permainan cepat.

Laga baru berumur 11 menit, Sriwijaya FC sudah unggul lewat tendangan penyerang asing Manuchekhr Dzhalilov. Gol berawal dari umpan tendangan bebas Syahrian Abimanyu. Bola sebenarnya sempat disundul Dzhalilov, namun ditepis kiper Dede Sulaiman. Bola muntah langsung disambar lewat tendangan keras Dzhalilov dan gol! Sriwijaya memimpin 1-0.

Usai gol itu, Persipura berusaha untuk mencari gol penyama kedudukan. Serangan berkali-kali dilakukan dan tetap dominan dalam penguasaan bola. Namun, upaya Hilton Moreira cs selalu menemui jalan buntu.

Justru Sriwijaya FC yang mampu menggandakan keunggulan lewat eks penyerang Persipura, Alberto "Beto" Goncalves pada menit 36. Gol Beto dilakukan secara gemilang. Mendapat umpan jauh. Beto menggiring bola dan melepaskan tendangan kaki sebelah luar. Bola meluncur ke pojok kanan gawang Dede Sulaiman tanpa bisa dibendung. Sriwijaya FC unggul 2-0. Keunggulan tersebut bertahan sampai babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Persipura turun ke lapangan dengan percaya diri meski tertinggal 0-2. Entah, wejangan apa yang diberikan oleh pelatih Peter Butler di ruang ganti. Pastinya, permainan Persipura di babak kedua berubah.

Mereka tetap dominan dalam penguasaan bola. Tapi, berubah lebih tajam dalam melakukan serangan dan lini pertahanan juga disiplin. Pada akhirnya, Persipura mampu memperkecil skor menjadi 1-2 pada menit 62 lewat Marcel Sacramento. Gol diawali kerja sama ciamik tiga pemain sebelum akhirnya diselesaikan secara brilian oleh mantan penyerang Semen Padang tersebut.

Gol itu ternyata membuat pertahanan Laskar Wong Kito menjadi longgar. Selang lima menit kemudian, tepatnya menit 67, Marcel Sacramento kembali membobol gawang Teja Paku Alam dan membuat skor menjadi sama kuat 2-2. Gol tersebut bermula dari serangan cepat dan hasil umpan terobosan terukur dari Ian Louis Kabes.

Setelah gol itu, Persipura mencoba bermain lebih bertahan. Sriwijaya FC mencoba memanfaatkannya dengan terus menekan. Sejumlah peluang didapat, namun kiper Dede Sulaiman tampil gemilang. Selain itu, ketidakberuntungan juga menjadi penyebab Sriwijaya gagal menambah gol. Tandukan Hamka Hamzah pada menit-menit akhir hanya membentur mistar gawang. Hingga laga berakhir skor 2-2 tak berubah.

Dengan tambahan satu poin, Persipura mengumpulkan 8 angka hasil dari 2 menang dan 2 seri. Mutiara Hitam mempertahankan catatan belum kalah hingga pekan keempat. Sementara itu, Sriwijaya mengoleksi 5 angka hasil dari 1 kali menang, 2 seri, dan 1 kali kalah.

Sriwijaya FC 2-2 Persipura Jayapura
(Dzhalilov 11, Beto 36 - Sacramento 62, 67)
SUSUNAN PEMAIN
Sriwijaya FC (4-3-3): Teja Paku Alam; Marckho Sandy, Hamka Hamzah, Alfin Tuasalamony, Novan Setya; Syahrian Abimanyu, Konate Makan, Zulfiandi; Esteban Vizcarra, Manuchekhr Dzhalilov, Alberto Goncalves
Pelatih: Rahmad Darmawan

Persipura (4-3-3): Dede Sulaiman; Tinus Pae, Yohanis Tjoe, Salampessy, Andri Ibo; Ian Louis Kabes, Gunansar Mandowen, Muhammad Tahir; Wanma, Marcel Sacramento, Hilton Moreira
Pelatih: Peter Butler

(epr/lim/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up