JawaPos Radar

Jawaban Cerdas Egy Saat Sepak Bola Indonesia Disindir Media Polandia

14/03/2018, 06:45 WIB | Editor: Irawan Dwi Ismunanto
Egy Maulana Vikri, Lechia Gdansk, Polandia, Sepak Bola Indonesia,
Egy Maulana Vikri, sebagai pesepak bola berusia muda, sudah memiliki jawaban cukup cerdas soal kritik dari media Polandia. (lechia.pl)
Share this image

JawaPos.com - kedatangan Egy Maulana Vikri ke Lechia Gdansk disambut antusias oleh media Polandia. Namun, juga dijadikan kesempatan oleh mereka untuk mengkritik kualitas sepak bola di Indonesia.

Salah satu media Polandia, SuperExpress, berkesempatan mendapat wawancara eksklusif dengan Egy. Dalam kesempatan itu, mereka mengakui bahwa Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah penggila sepak bola tertinggi di dunia.

Meski begitu, mereka juga menanyakan penyebab sepak bola tak mampu meraih prestasi tinggi, baik di Asia atau dunia. "90 persen masyarakat Indonesia tertarik dengan sepak bola. Tapi, kenapa kalian tidak pernah meraih sukses di sepak bola, bahkan di Asia? Padahal, dalam hal populasi, jumlah penduduk kalian ada di urutan keempat dunia," tanya pewarta SuperExpress.

Egy, sebagai pesepak bola berusia muda, sudah memiliki jawaban cukup cerdas soal kritik itu. Menurut dia, salah satu alasan sepak bola Indonesia masih lambat perkembangannya adalah terkait problem grassroot.

"Saya pikir, masalah utamanya adalah kami cuma punya sedikit akademi sepak bola yang bagus. Ada sekitar 260 juta penduduk di Indonesia, tapi cuma ada 3 ribuan pelatih sepak bola. Indonesia negara besar dan luas. Tak mudah berkeliling mencari talenta. Pemantauan bakat sangat sulit," urai pemuda berusia 17 tahun itu.

Terlepas dari hal itu, Egy masih sangat yakin sepak bola Indonesia akan semakin berkembang ke depannya.

"Masalah besarnya adalah banyak dari kami yang terlambat bermain sepak bola, misalnya baru saat usia 19 tahun. Namun, saya yakin kami bisa berkembang maju. Syukurlah sudah semakin banyak muncul akademi baru," sambungnya.

(ira/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up