alexametrics
Piala Gubernur Jatim 2020

Kapten Konate Dua Gol dan Satu Assist, Bawa Persebaya ke Semifinal

14 Februari 2020, 17:42:49 WIB

JawaPos.com – Kegagalan penalti Makan Konate ketika Persebaya Surabaya melawan Bhayangkara FC (12/2), dibayar tuntas ketika melawan Madura United sore tadi. Dipercaya sebagai kapten, mantan pemain Arema FC itu mencetak dua gol dan menyumbang satu assist saat Persebaya menang 4-2 atas Madura United.

Bertanding di Stadion Gelora Bangkalan, pelatih Persebaya Aji Santoso kembali ke pakem lawas 4-3-3. Aryn Williams, Makan Konate, dan Hambali Tolib mengisi lini tengah. Sedangkan di depan, David da Silva sebagai ujung tombak ditemani Supriadi dan Bayu Nugroho.

Konate yang selama pramusim belum kembali ke performa terbaiknya seperti membela Arema, tampil lebih luwes melawan Madura United. Baru menit ke-12, dia sudah membahayakan gawang Madura United. Untung, sontekannya masih bisa diantisipasi kiper Satria Tama.

Namun, pada menit ke-21, Satria Tama tak mampu membendung sepakan jarak jauh Konate yang sebelumnya mengecoh bek Jaimerson. Setelah keunggulan satu gol itu, Persebaya beberapa kali terancam oleh serangan Madura United melalui Greg Nwokolo, Brian Ferreira, Alberto da Silva Goncalves, dan Haris Tuharea.

Namun, kombinasi Rizky Ridho dan Arif Satria sebagai bek tengah serta Koko Ari di bek kanan dan Abu Rizal di bek kiri, mampu menahan gelombang serangan itu. Performa kiper Rivky Mokodimpit juga cukup baik pada babak pertama. Dan, pada menit ke-45, Konate menambah keunggulan.

Sayang, keunggulan Persebaya pada babak pertama itu memakan tumbal. Gelandang asal Australia Aryn Williams terpaksa ditarik keluar dan digantikan Ricky Kambuaya. Kakinya terpincang-pincang saat ditarik keluar. Belum diketahui seberapa parah cederanya.

Selain Aryn, pada babak pertama, pelatih Aji Santoso juga mengeluarkan Bayu Nugroho dan digantikan Oktafianus Fernando. Situasi pada babak kedua berbeda. Madura United yang tertinggal dua gol tampil lebih meneken. Hasilnya, Beto Goncalves mencetak gol pada menit ke-60.

Namun, hanya berselang empat menit, David da Silva yang berdiri bebas depan gawang Madura United mencetak gol dengan memanfaatkan bola muntah dari sepakan Ricky Kambuaya. Pada menit ke-66, Madura United kembali mengejar dengan gol Haris Tuharea.

Namun, pada akhirnya berawal dari sepakan bebas Makan Konate pada menit ke-80, tandukan Arif Satria menjebol gawang Satria Tama untuk kali keempat. Dengan begitu, Persebaya menang 4-2 dan lolos ke semifinal Piala Gubernur Jatim 2020. Mereka kini mengemas enam poin.

Editor : Mohammad Ilham

Alur Cerita Berita

Lihat Semua

Close Ads