alexametrics

Timnas U-19 TC di Thailand karena Bareng dengan Beberapa Klub Korsel

14 Januari 2020, 16:35:30 WIB

JawaPos.com – Keputusan Shin Tae-yong memilih Thailand sebagai lokasi training center (TC) sempat jadi pertanyaan. Sebab, selama ini, Negeri Gajah Putih itu hampir tidak pernah jadi lokasi TC timnas. Kebanyakan, Merah Putih memilih ke negara Eropa seperti Spanyol ketika era Evan Dimas dkk di timnas U-19.

Shin Tae-Yong angkat bicara soal hal itu. Dia mengatakan memilih TC di Thailand, tepatnya di kota Chiang Mai karena adanya beberapa klub dari Korea Selatan sedang berada di sana. Hal tersebut dirasa bagus untuk para pemainnya dalam persiapan Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang.

Baginya, adanya tim-tim dari Korsel bisa menambah ilmu para pemain. Witan Sutan dkk bisa melihat bagaimana cara teknik permainan para pemain di tim-tim tersebut. ’’Ya pemain biar bisa bersaing,’’ ucapnya. Rencananya bakal ada beberapa kali uji coba juga dengan tim-tim tersebut.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua PSSI Moch Iriawan. Dia menuturkan nantinya tidak hanya akan TC saja di Thailand. PSSI sudah merencanakan bakal ada lima pertandingan uji coba selama di Thailand. Baik dengan klub lokal ataupun beberapa klub dari luar negeri, termasuk Korea Selatan. ’’Mudah-mudahan nanti berjalan dengan baik,’’ harapnya.

Nantinya, dia berharap banyak pelajaran yang didapat oleh pemain selama di Thailand. PSSI sendiri mendukung penuh apa yang diinginkan oleh Shin Tae-yong. Harapannya, timnas U-19 ini bisa jadi tim terbaik yang nantinya akan berbicara banyak di Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. ’’Kami tidak mau hanya jadi penyelenggara saja, tapi jadi peserta juga harus menunjukkan yang terbaik,’’ katanya.

Menurut sumber internal PSSI, tidak hanya TC dan uji coba. Shin Tae-yong memilih Thailand juga karena adanya Piala Asia U-23 yang dilaksanakan di sana. pelatih berusia 50 tahun itu ingin memantau secara langsung beberapa pemain yang kemungkinan juga bakal bermain di Piala Dunia U-20 pada 2021 mendatang. ’’Dia ingin melihat sejauh mana permainan negara-negara calon lawannya itu,’’ ujarnya.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : rid


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads