alexametrics
PON XX/2020 Papua

Sepak Bola NTT Lolos PON Setelah 30 Tahun Lebih, Berani Bicara Emas

13 Desember 2019, 14:38:14 WIB

JawaPos.com – Sudah 12 tim memastikan lolos ke PON 2020 Papua dari cabor sepak bola. Selain provinsi-provinsi yang secara tradisional lolos ke pesta olahraga multievent nasional itu, ada beberapa tim yang miskin tradisi. Mereka antara lain NTT, Maluku Utara, dan Sulawesi Utara.

Ya, Sulut kali terakhir menembus PON pada 2000. Maluku Utara tak jauh beda. Lalu, NTT malah lebih lama lagi. Sudah lebih dari 30 tahun tim sepak bolanya tidak pernah tampil dalam PON. Dan, kali ini, provinsi yang beribu kota di Kupang itu bisa lolos ke Papua dengan status sebagai juara grup 3 menyingkirkan Bali.

Ya, NTT yang dilatih Ricky Nelson lolos setelah menahan imbang Bali 1-1 di Gelora Samudra, Badung (9/12). ”Terima kasih kepada semua masyarakat NTT yang sudah mendoakan tim ini, sehingga akhirnya bisa lolos ke PON 2020 di Papua nanti dan ini penantian selama lebih dari 30 tahun,” kata Ricky.

Sebelumnya, di grup 3, NTT mampu mengatasi NTB 3-1 (7/12), sedangkan Bali sempat kalah 1-2 oleh NTB 1-2 (5/12). Dengan begitu, kini Ricky yang pernah melatih Borneo FC itu tinggal menyiapkan diri menuju PON tahun depan. ”Kan PON masih lama, saat ini saya mau liburan dulu. Nanti diatur NTT,” lanjutnya.

Meski miskin pengalaman di PON, tapi Asprov NTT begitu percaya diri. Mereka tetap menunjuk Ricky sebagai pelatih dan Jimmi Sianto sebagai manajer. Juga, mematok target yang tinggi. Jimmi mengatakan, mereka tidak akan memasang target rendah. Targetnya emas.

Tim yang Lolos ke PON 2020

Jawa Barat (juara bertahan)
Papua (tuan rumah)
Jawa Tengah (juara grup 1)
Jawa Timur (juara grup 2)
NTT (juara grup 3)
Kalimantan Timur (juara grup 4)
Sulawesi Utara (juara grup 5)
Sulawesi Selatan (juara grup 6)
Maluku Utara (juara grup 7)
Aceh (porwil Sumatera)
Sumatera Utara (porwil Sumatera)
Bengkulu (porwil Sumatera)

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : antara


Close Ads