alexametrics
Liga 1 2019

Kalteng Putra Pertama Degradasi, Badak Lampung Bisa Menyusul Malam Ini

13 Desember 2019, 13:00:21 WIB

JawaPos.com – Kalteng Putra, rupanya, hanya numpang lewat di Liga 1. Gara-gara gagal menang kontra Persipura Jayapura tadi malam di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, Kalteng Putra menjadi tim pertama yang memastikan diri turun kasta ke Liga 2.

Hanya meraih tambahan satu poin, tim berjuluk Laskar Isen Mulang itu terjerembap di dasar klasemen dengan meraih 31 poin. Kalteng Putra memang masih menyisakan dua laga. Namun, kalaupun pada laga sisa sukses meraih poin sempurna, Kalteng Putra etap saja tak bisa naik ke posisi aman.

Kalteng Putra

Hasil itu tentu saja berbalik 180 derajat dengan apa yang digembar-gemborkan pada awal musim. Ketika itu, manajemen Kalteng Putra menyatakan bakal mendatangkan pemain sekelas Zlatan Ibrahimovic atau Diego Forlan.

Tetapi, perjalanan mereka tak seindah yang direncanakan. Kalteng Putra terseok-seok. Sederet kabar kurang sedap menerpa. Mulai rumor pemain yang telat menerima gaji hingga penelantaran pemain asing dilakukan manajemen tim yang dibesut Gomes de Oliveira itu.

’’Terima kasih untuk para pemain. Saya tahu mereka sudah berjuang maksimal, tetapi masih belum bisa memenangkan pertandingan,’’ ucap Gomes. ’’Saya tahu mereka. Pemain sudah berjuang di setiap pertandingan. Mereka selalu kompak dan saling support. Belum pernah saya berkerja sama dengan tim seperti ini. Sayang, kami tidak bisa bertahan di Liga 1. Tetapi masih ada dua laga sisa. Saya minta mereka tetap semangat,’’ imbuh mantan pelatih Madura United itu.

Tim lainnya, Perseru Badak Lampung FC, sedang di ujung tanduk. Mereka sangat mungkin menemani Kalteng Putra turun kasta. Dengan meraih poin 33 dari 32 pertandingan, Badak Lampung yang berada di peringkat ke-16 malam nanti bisa dipastikan degradasi jika Persija yang menempati posisi ke-15 mengalahkan Madura United di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Sedangkan Semen Padang yang mengantongi 31 poin dari 31 pertandingan hari ini melakoni laga hidup mati kontra tuan rumah PSIS Semarang. Apabila dalam duel tersebut juga gagal menang, Kabau Sirah –julukan Semen Padang– otomatis kembali ke Liga 2. Namun, apabila sukses memetik tiga angka, masih terbuka peluang Kabau Sirah bertahan di Liga 1 musim depan.

Sementara itu, tadi malam Tira Persikabo mengkahiri puasa kemenangan selama 16 laga. Secara mengejutkan, Tira Persikabo menumbangkan tim juara Bali United 1-0 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Itu sekaligus mencoreng catatan Bali United yang sebelumnya tak pernah kalah di kandang. 

Osas Saha menjadi bintang kemenangan Tira Persikabo setelah menciptakan gol tunggal pada menit ke-55. Kemenangan tadi malam sekaligus mengamankan Tira Persikabo dari ancaman degradasi. ’’Kami menghadapi tim juara Liga 1 Bali United. Meski Bali United menurunkan pemain pelapis, itu bukan masalah bagi kami. Sebab, juga banyak pemain kami yang cedera,’’ ucap pelatih Tira Persikabo Igor Kriuschenko.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : nia/ali


Alur Cerita Berita

Lihat Semua
Close Ads