alexametrics
Liga 1 2019

Aji Santoso: Kami Fight, Walau tanpa Penonton, Ini Berstatus Laga Home

13 November 2019, 17:00:46 WIB

JawaPos.com – Irfan Jaya merupakan top scorer Persebaya Surabaya. Pemain 23 tahun tersebut mencatatkan tujuh gol dari 20 laga. Kabar baiknya, dia masuk skuad kontra PSM Makassar besok.

Green Force tiba di Balikpapan kemarin sore. Sejatinya, kondisi Irfan sempat meragukan. Dia mengalami cedera engkel kiri. Bahkan, Irfan juga absen saat Persebaya bermain imbang 2-2 kontra Tira Persikabo (9/11). ’’Kondisi Irfan mulai pulih,’’ kata pelatih Persebaya Aji Santoso.

Persebaya Surabaya

Karena itu, Aji memutuskan untuk membawa Irfan. Meski begitu, dia tak berani memberikan garansi kepada Irfan untuk tampil sebagai starter. Sebab, dalam laga kontra Tira Persikabo (9/11), performa winger Elisa Basna cukup apik. Bermain 90 menit, mantan pemain Persipura Jayapura itu mampu merepotkan lini pertahanan lawan.

Apalagi, Irfan juga baru pulih dari cedera. Dia lebih sering melakoni latihan terpisah. Tetapi, kans dia untuk tampil tetap terbuka. Sebab, kondisi pemain memang sangat terforsir. Bahkan, dalam latihan terakhir di Gelora Bung Tomo, Surabaya (11/11), beberapa pemain hanya melakukan recovery. Misalnya, Oktafianus Fernando, Diogo Campos, dan Ruben Sanadi. ’’Saya berharap, kondisi mereka fit saat di Balikpapan,’’ tambah pelatih 49 tahun itu.

Selain Irfan, Miswar Saputra siap come back. Kiper 23 tahun tersebut sudah fit. Sebelumnya, dia absen kontra Tira Persikabo (9/11) lantaran mengalami demam. Tetapi, sama dengan Irfan, belum ada garansi apakah Miswar akan kembali menjadi kiper utama. Itu tak terlepas dari performa moncer Imam Arief saat melawan Tira Persikabo. Mantan kiper PSM Makassar itu mampu menggagalkan eksekusi penalti Osas Saha. ’’Saya belum tahu kesiapan dia (Miswar) seperti apa karena lima hari tidak latihan. Nanti saya diskusi dulu dengan tim pelatih,’’ terang Aji.

Jika winger dan kiper bertambah, tidak demikian halnya dengan lini belakang. Otavio Dutra dan Hansamu Yama dipastikan absen. Dutra memperkuat timnas. Sementara itu, Hansamu terkena akumulasi kartu. Praktis, posisi stoper hanya menyisakan Andri Muliadi dan M. Syaifuddin. Duet alumnus Liga 2 itulah yang diandalkan Aji dalam laga kontra PSM nanti. ’’Ya, kami harus maksimalkan itu,’’ tambah Aji.

Meski begitu, Aji tetap pede. Sebab, dalam laga perdana, kondisi Persebaya sejatinya tak jauh berbeda. Yakni, tampil dengan komposisi tidak ideal. ’’Melawan Tira Persikabo lima pemain absen. Ini kan kondisinya hampir sama. Untungnya, Irfan sudah pulih,’’ tambah mantan pelatih Persela Lamongan tersebut.

Kondisi itu berbeda dengan PSM. Tidak ada pemain PSM yang masuk skuad timnas. Hanya Wiljan Pluim yang dipastikan absen. Karena itu, Aji meminta anak asuhnya tampil habis-habisan. ’’Kami akan tetap fight untuk mendapat poin penuh. Walaupun tanpa penonton, laga ini kan berstatus home,’’ tambah Aji.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads