alexametrics
Liga 1 2019

Haruna Soemitro: Kalau Memang Harus Diperiksa, Ya Harus Siap

13 Oktober 2019, 15:59:22 WIB

JawaPos.com – Satgas Antimafia Bola masih ada. Pertandingan Liga 1 antara Madura United kontra Persib Bandung (5/10) menjadi perhatian mereka kini. Dalam laga yang dimenangi tuan rumah dengan skor 2-1 tersebut, dicurigai terjadi pengaturan pertandingan.

Itu bermula dari hadiah penalti untuk Madura United pada menit ke-64. Beto Goncalves yang ditunjuk sebagai algojo pun sukses melaksanakan tugasnya. Berkat gol itu pula, Madura United memenangi laga.

Persib merasa dicurangi wasit Faulur Rosy. Tim tersebut merasa tak melakukan pelanggaran kepada Diego Assis, tapi dihukum penalti. Setelah laga itu pun, banyak suporter dan warganet yang mempertanyakan keputusan Rosy memberikan penalti kepada tuan rumah.

Dengan dasar tersebut, Satgas Antimafia Bola bergerak. Dua hari pascalaga itu pun, satgas langsung ke Bangkalan untuk meminta keterangan kepada perwakilan K-Conk Mania yang datang ke stadion.

”Masih dalam tahap penyelidikan. Kami meminta semacam pendapat atau masukan kepada pihak yang bisa menjelaskan peristiwa tersebut kepada kami. Kami meminta klarifikasi dari pandangan mereka,” ucap anggota Satgas Antimafia Bola AKBP Leonard Sinambela.

Namun, Satgas Antimafia Bola belum bisa memberikan kesimpulan. Sebab, yang paling penting adalah keterangan dari perangkat pertandingan. Termasuk wasit, asisten wasit, serta pengawas pertandingan.

Hanya, satgas masih terhalang waktu. Sebab, perangkat pertandingan tidak berdomisili di Surabaya atau Bangkalan. ”Kami tentu ingin secepatnya. Tetapi, kan ini yang bersangkutan berada di luar kota. Kami masih mencari waktu yang pas,” ucap pria yang juga menjabat Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Jatim itu.

Selain perangkat pertandingan, satgas juga akan meminta keterangan dari kedua tim yang berlaga. Di sisi lain, manajemen Madura United mengaku siap bila nanti diperiksa Satgas Antimafia Bola.

”Sebagai warga negara yang taat hukum, tentu wajib mendukung apa pun yang dilakukan oleh penegak hukum. Kalau memang harus diperiksa, ya harus siap,” ucap Manajer Madura United Haruna Soemitro.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : nia/tom

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads