alexametrics
Liga 1 2019

Kalteng Putra vs Persebaya: Tamu Percaya Bisa Akhiri Kutukan

13 September 2019, 11:30:55 WIB

JawaPos.com – Kalteng Putra selalu menjadi momok bagi Persebaya Surabaya. Sejak diakui PSSI musim 2017, kedua tim sudah tiga kali bertemu. Hasilnya, Green Force -julukan Persebaya- tidak pernah menang. Mereka menelan satu kekalahan dan dua hasil imbang.

Catatan minor itu yang coba dipatahkan saat kedua tim kembali bentrok di stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya (live Indosiar pukul 18.30 WIB). Asisten pelatih Persebaya Wolfgang Pikal tak mau anak asuhnya terjebak nostalgia. Dia bahkan sangat pede bisa mengubah hal itu. “Kami sudah punya game plan khusus untuk memenangkan laga. Saya optimistis,” kata pelatih 51 tahun itu.

Persebaya Surabaya

Masalahnya, tuan rumah dalam kondisi terbaik. Dalam tiga laga kandang terakhir, Laskar Isen Mulang -julukan Kalteng Putra- selalu meraih kemenangan. Mereka mencetak sembilan gol dan hanya kebobolan empat gol. Sudah begitu, seluruh penggawanya siap tampil. Tidak ada pemain cedera atau skorsing.

Pikal sudah tahu hal itu. Tapi, skuad Persebaya juga mulai komplet. Empat penggawa Timnas sudah bisa diturunkan. Ruben Sanadi, Otavio Dutra, Irfan Jaya dan Hansamu Yama dalam kondisi oke. Belum lagi Osvaldo Haay yang siap tampil meski baru melakoni dua kali latihan bersama Pikal. “Saya lihat Kalteng tim yang bagus. Tapi kami cari hasil bagus besok (hari ini),” kata Osvaldo.

Praktis, Persebaya hanya minus Manuchekhr Dzhalilov yang belum bergabung usai membela Timnas Tajikistan. “Secara keseluruhan kami siap. Kami punya tujuan (menang) sendiri,” tambah Pikal.

Pikal juga sudah menghapal gaya permainan Kalteng Putra. Hanya, dia belum tahu soal dua pemain asing anyar tim lawan. Mereka adalah gelandang asal Jepang, Takuya Matsunaga dan striker Brasil Eydison Soares. Pikal berharap dua pemain itu tak langsung diturunkan. Kalaupun tetap turun, dia mengaku tak masalah. “Siapapun pemain Kalteng Putra yang turun, kami tetap siap memenuhi target,” jelas pelatih berdarah Austria itu.

Untungnya, baru Matsunaga saja yang dipastikan bisa tampil. Sementara Soares masih harus melengkapi asministrasi. “Kami lihat apakah besok (hari ini) bisa dimainkan atau tidak,” terang Gomes de Oliveira, pelatih Kalteng Putra. Tapi, pelatih asal Brasil itu tidak risau. Sebab, dia masih memiliki Patrich Wanggai di posisi striker. Apalagi, performa pemain 31 tahun itu cukup apik. Dia sudah mengemas 5 gol bersama Kalteng Putra di Liga 1 2019.

Kalteng Putra

Hal itu membuat Gomes ingin mempertahankan rekor apik Kalteng saat bersua Persebaya. Sekaligus mencoreng laga debut Persebaya di bawah asuhan Alfred Riedl. Gomes tak menampik Riedl dan Pikal adalah pelatih jempolan. Tapi, itu di level Timnas. Sementara di klub lokal, keduanya belum terbukti.

Karena itu, Gomes sama sekali tidak takut menghadapi Persebaya di bawah asuhan Riedl. Dia bahkan menilai duet Riedl dan Pikal bakal kesulitan. “Karena melatih timnas dan klub sangat berbeda. Apalagi saya tahu Riedl belum datang (di Surabaya). Dia belum banyak tahu tentang timnya. Kami harus manfaatkan momentum itu untuk menang,” tegas pelatih 56 tahun tersebut.

Bermain di kandang juga menjadi keuntungan. Dukungan suporter diharapkan menjadi motivasi lebih. Apalagi, Gomes ingin meneruskan tren positif di laga kandang setelah sebelumnya membukukan hattrick kemenangan. “Kami harus manfaatkan main di kandang. Mereka (Persebaya) kembali diperkuat pemain timnas, jadi kami harus benar-benar bertarung untuk menang,” terangnya.

Perkiraan Pemain

Kalteng Putra (4-3-3): 18-Davit Ariyanto (g); 3-Wasiat Hasbullah, 33-Rafael Bonfim, 4-O.K John, 26-Kevin Gomes; 34-Takuya Matsunaga, 44-I Gede Sukadana (c), 24-Fajar Handika; 10-Diogo Campos, 88-Patrich Wanggai, 11-Ferinando Pahabol
Pelatih: Gomes de Oliveira

Persebaya (4-3-3): 33-Miswar Saputra (g); 29-M. Syaifuddin, 5-Otavio Dutra, 23-Hansamu Yama, 14-Ruben Sanadi (c); 27-Fandi Eko, 96-M. Hidayat, 12-Rendi Irwan; 8-Oktafianus Fernando, 7-David da Silva, 20-Osvaldo Haay
Pelatih: Alfred Riedl

Stadion: Tuah Pahoe, Palangkaraya
Live: Indosiar pukul 18.30 WIB

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : Gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads