alexametrics
Liga 3 2019

Manajemen Persegres Mangkir dari Sidang Kasus Tunggakan Gaji Pemain

13 Agustus 2019, 12:00:52 WIB

JawaPos.com – Tunggakan gaji pemain yang berlarut-larut menyeret manajemen Persegres Gresik United ke pengadilan. Sidang perdana kasus tunggakan gaji dilaksanakan di Pengadilan Hubungan Industrial Gresik, Senin (12/8).

Sidang seharusnya dimulai pukul 10.30 WIB. Sayang, manajemen Persegres mangkir. Hingga pukul 13.30, perwakilan manajemen tak kunjung datang. Alhasil, sidang ditunda dan akan kembali digelar Selasa mendatang (20/8).

Hal itu membuat Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) kecewa berat. Sebab, kasus yang disidangkan merupakan kejadian lama. Yakni, utang gaji pemain Persegres di Liga 1 musim 2017. Kuasa hukum APPI Aprianto Hutomo menjelaskan, secara total ada 22 pemain yang gajinya belum dilunasi pada musim 2017. Total yang harus dibayarkan oleh Persegres Rp 458 juta.

”Manajemen Persegres mengakui punya tunggakan gaji. Tapi, sampai sekarang kok belum ada iktikad baik,” katanya. Bahkan, mereka mangkir pada sidang perdana. Nah, hal itu membuat APPI akan bertindak tegas. Rencananya, mereka segera menyurati PSSI. ”Kami minta PSSI tidak lagi melibatkan Persegres dalam kompetisi sepak bola Indonesia selama tunggakan belum dilunasi,” sambung anggota tim legal APPI Jannes H. Silitonga.

Artinya, Persegres terancam tidak bisa tampil di Liga 3 pra putaran nasional bulan depan. Jannes menjelaskan, ketegasan PSSI sangat dibutuhkan agar tidak ada kasus serupa di kemudian hari. ”Kalau gaji musim 2017 saja belum dibayar, bisa saja nanti pemain baru senasib dengan (pemain, Red) yang sebelumnya,” tambah Jannes.

Parahnya, bukan hanya gaji musim 2017 yang tertunggak. Gaji pemain saat Persegres berlaga di Liga 2 musim lalu juga belum beres. Mantan gelandang Persegres David Faristian tak menampik hal itu. Tapi, dia ingin fokus menuntaskan gaji musim 2017 dulu. Setelah itu, baru tunggakan musim 2018. ”Dulu sempat dijanjikan akan dibayar, tapi sampai sekarang belum ada tindak lanjut,” ucap dia.

Untuk musim 2017, gaji David yang belum dibayarkan Rp 49 juta. Itu adalah tunggakan gajinya selama dua bulan. ”Menurut saya, jumlah itu sangat besar. Kebutuhan untuk keluarga terus jalan, tapi pemasukan tidak ada. Saya berharap bisa segera dilunasi,” kata pemain asli Gresik tersebut.

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/ali

Close Ads