JawaPos Radar

Banyak Tawaran Klub LIga 1, Ernando Ari Pilih Fokus Lanjutkan Sekolah

13/08/2018, 17:35 WIB | Editor: Sari Hardiyanto
Ernando Ari
Kartika Vedhayanto (kiri) dan Ernando Ari Sutaryadi (tengah) saat berada di Balai Kota Semarang, Senin (13/8). (Tunggul Kumoro/JawaPos.com)
Share this

JawaPos.com - Penampilan ciamik kiper timnas U-16, Ernando Ari Sutaryadi sepanjang kompetisi AFF 2018 membuatnya dilirik klub-klub papan atas Indonesia. Meski begitu, pemuda yang akrab disapa Nando itu mengaku masih akan fokus ke pendidikannya terlebih dahulu.

“Banyak yang nawarin kontrak. Ada yang dari luar Jawa juga dan semuanya klub dari Liga 1. Tapi, saya masih mau fokus ke sekolah,” ujar Nando saat berada di Balai Kota Semarang, Senin (13/8).

Selain ingin berkonsentrasi ke pendidikan untuk jenjang yang lebih tinggi, dirinya mengatakan juga masih berkeinginan mendukung timnas U-16. Sebagaimana diketahui, skuad muda Indonesia bulan September 2018 depan masih akan berkompetisi pada turnamen AFC 2018 di Malaysia.

Padahal, selama membela timnas pada AFF lalu saja, diakui Nando, ia berkali-kali harus membolos sekolah. Dan untuk menyiapkan turnamen AFF nanti, dikatakannya, dirinya pasti akan banyak meninggalkan pelajaran guna berlatih bersama rekan-rekannya demi hasil terbaik.

“Di Piala Asia nanti, target kami lolos ke semifinal. Karena kalau bisa main di situ, kami praktis lolos ke Piala Dunia U-17,” terangnya lagi.

Hal senada diutarakan bek Kartika Vedhayanto. Teman satu sekolah Nando yang biasa dipanggil Vedha itu juga mengungkapkan, dirinya belum mau mengorbankan waktu pendidikan sekolahnya untuk beban bermain pada sebuah klub. "Belum kepikiran ke arah sana," katanya.

Sutarno, ayah Nando, bagaimanapun memilih opsi untuk tak menghalangi keinginan putranya, manakala pemain binaan Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sepak Bola Jateng itu ingin melanjutkan kariernya sebagai pemain pro. Lantaran, ia pria yang berprofesi sebagai karyawan swasta itu menganggap Nando telah membuktikan kualitasnya.

“Saya bebaskan ke anaknya mau ke mana. Mengalir saja. Tapi, untuk saat ini fokus ke sekolah dulu," ucapnya saat mendampingi anaknya sebelum bertemu Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi.

(gul/JPC)

Berita Terkait

Rekomendasi

berita hari ini

Sign In

Belum memiliki aku? Sign Up