alexametrics
Liga 1 2019

PSS vs Persebaya: Sulitnya Berburu Poin Pengganti

13 Juli 2019, 12:00:23 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya kehilangan dua poin di laga terakhirnya. Tim berjuluk Green Force tersebut ditahan imbang Barito Putera pada Selasa lalu (9/7). Padahal, pertandingan tersebut digelar di rumah mereka sendiri: Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Persebaya pun merasa hasil seri tersebut sebagai kekalahan.

Karena itu, ”kekalahan” tersebut harus diganti dengan kemenangan ketika menghadapi PSS Sleman di Stadion Maguwoharjo, Sleman, nanti malam. ”Kami ingin membawa pulang tiga poin dari sini untuk mengganti kehilangan poin saat ditahan Barito,” kata Pelatih Persebaya Djajang Nurjaman selepas memimpin latihan di Stadion Maguwoharjo kemarin sore (12/7).

”Kalau tidak bisa, satu poin juga sangat bagus buat kami,” tambahnya. Yang terpenting adalah Persebaya harus meraih poin dari markas Super Elang Jawa, julukan PSS.

Persebaya Surabaya

Tambahan angka dari Sleman bukan saja penting untuk mengganti poin yang hilang Selasa lalu (9/7). Tapi juga penting untuk menjaga posisi Persebaya agar bisa terus berada di papan atas dan di jalur juara. Tambahan poin dari Sleman juga penting untuk memelihara motivasi Ruben Sanadi dan kawan-kawannya.

Tapi, Djanur –sapaan Djajang Nurdjaman– menyadari bahwa misi mendulang poin dari Sleman bukan perkara gampang. Selain bermain di kandang lawan, PSS sedang dalam performa terbaik. Persebaya tak menganggap absennya salah seorang bek andalan PSS Alfonso de La Cruz sebagai keuntungan. Selain Alfonso, eks gelandang Persebaya Rangga Muslim absen.

”Kondisi mereka sedang on fire dan itu berbanding terbalik dengan kami. Mereka baru saja memenangi laga tandang dan kami tertahan di kandang. Tapi, tim kami sudah sepakat di laga besok (hari ini, Red) harus bangkit,” tegas Djanur.

Apa yang ditegaskan Djanur tersebut memang pilihan paling realistis bagi Persebaya. Apalagi, setelah dijamu PSS, tim kebanggaan masyarakat Kota Pahlawan tersebut bakal melawat ke markas PSM Makassar. Misi Persebaya makin berat lantaran mereka belum bisa menurunkan Amido Balde.

PSS Sleman Elang Jawa

Di sisi lain, kubu PSS tak mau jemawa. Sekalipun Bagus Nirwanto dkk baru saja meraih kemenangan saat dijamu Kalteng Putra, mereka tetap menganggap Persebaya sebagai ancaman. ”Kami ini tim baru di Liga 1. Kami harus bermain lebih semangat dan lebih termotivasi dalam menjalani setiap pertandingan,” kata pelatih PSS Seto Nurdiantoro. ”Apalagi, yang akan kami hadapi ini satu di antara lima kekuatan tradisional sepak bola Indonesia,” ujarnya.

Tanpa Balde, Seto menganggap Persebaya sebagai tim yang sangat berbahaya. Termasuk di barisan depannya. Nama seperti Irfan Jaya, Osvaldo Haay, dan Manuchehr Jalilov bisa menjadi ancaman lini pertahanan timnya. ”Kami harus mewaspadai permainan kolektif mereka. Tapi, itu semua bukan berarti kami minder,” jelasnya.

 

Perkiraan Pemain

PSS (4-3-3): 34- Tri Hamdani (g); 3- Bagus Nirwanto (c), 22- Purwaka Yudhi, 5-Gufron, 69- Derry; 32- Brian, 6-Wahyu, 92- Dave Mustaine; 27-Milla, 10-Yevhen, 12-Haris Tuharea.

Pelatih: Seto Nurdiantoro

Persebaya (4-3-3): 33-Miswar (g); 2-Novan, 5-Otavio Dutra, 23-Hansamu, 14-Ruben Sanadi (c); 6-Solikin, 96-Hidayat, 10-Lizio; 41-Irfan Jaya, 20-Osvaldo Haay, 63-Jalilov.

Pelatih: Djajang Nurjaman

Stadion: Maguwoharjo, Sleman

Live: Indosiar pukul 18.30 WIB

 

Statistik di Liga 1

PSS Sleman vs Persebaya

6 Main 7

8 Gol 14

5 Kebobolan 9

27 Save 25

86 Tembakan 95

5 Assist 13

10 Keypass 45

132 Intersep 108

113 Sapuan 143

94 Melanggar 103

77 Dilanggar 85

19 Offside 21

14 Kartu kuning 19

0 Kartu merah 1

51 Dribel 97

89 Umpan silang 164

Sumber: Statoskop Jawa Pos

 


Pada ulang tahun ke-70, Jawa Pos mempersembahkan logo khusus untuk suporter sepak bola Liga 1. Logo-logo tersebut kreasi dari tim desain dan ilustrasi Jawa Posdalam menerjemahkan filosofi klub serta para pendukungnya. Logo-logo itu dapat diunduh secara bebas di link berikut ini: https://logofansfc.jawapos.com/

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : fim/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads