alexametrics

Klub Liga Indonesia Desak Kepastian Kompetisi agar Segera Diputuskan

13 Januari 2021, 15:24:36 WIB

JawaPos.com − Klub-klub tidak mau lagi PSSI bertele-tele soal kejelasan kompetisi. Salah satu desakan paling frontal adalah meminta PT LIB selaku operator kompetisi segera mengadakan pertemuan dengan klub.

Jika awalnya direncanakan 22 Januari mendatang, sebagian besar klub meminta pertemuan itu dimajukan.

Alasannya jelas. Yakni, agar rapat exco yang bakal memutuskan kejelasan kompetisi tidak perlu menunggu awal Februari. Kalau bisa, akhir bulan ini keputusan kompetisi lanjut atau tidak bisa segera ditentukan. Agar klub bisa punya rencana ke depan. Baik soal bisnis maupun kontrak pemain.

Baca Juga: Kerap Gagal Uji Coba, TC Timnas di Spanyol Terkesan Buang-Buang Uang

Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, sebagian besar klub memang meminta pertemuan dimajukan, tidak pada 22 Januari mendatang.

’’Mereka ingin pertemuan pada 15 Januari. Tadi pagi saya sudah kirim undangan yang baru kepada klub,’’ ujarnya. ’’Akan diadakan secara virtual karena situasi masih PSBB,’’ lanjutnya.

Lukita menuturkan, permintaan klub sebenarnya sederhana. Hanya meminta kejelasan kompetisi. Karena itu, pihaknya memaklumi ketika banyak suara meminta pertemuan dengan LIB dipercepat.

Nantinya, pertemuan dilakukan dalam dua sesi. Sesi pertama adalah sesi untuk 18 klub Liga 1. Kenapa? Sebab, Liga 1 membutuhkan waktu yang cukup lama dibandingkan pembahasan Liga 2. Liga 1 paling krusial karena sudah memainkan pertandingan selama tiga pekan. ’’Liga 2 setelah Liga 1, beda jam,’’ jelasnya.

Lantas, apa agenda LIB dalam pertemuan tersebut? Pria asal Bandung itu menegaskan bahwa LIB hanya sebagai jembatan. Artinya, hanya mendengarkan aspirasi dan mengetahui kondisi klub saat ini.

Kemungkinan juga ditambah soal keinginan apakah kompetisi dilanjutkan atau dihentikan. ’’Saya ingin mendengar langsung dari klub. Hasilnya akan kami laporkan ke PSSI. Pertemuan ini juga atas arahan PSSI dan akan jadi masukan untuk rapat exco nanti,’’ katanya.

Plt Sekjen PSSI Yunus Nusi membenarkan bahwa hasil pertemuan klub tersebut akan jadi bahan untuk rapat exco. Karena itulah, cepat atau lambat diadakannya rapat exco bergantung dari hasil keputusan pertemuan LIB dengan klub Liga 1 dan Liga 2.

’’PSSI mempertimbangkan hasil pertemuan LIB dengan klub, lalu akan mengakomodasi usulan dan rekomendasi klub. Sehingga rapat exco yang tadinya pertengahan Januari diubah,’’ terangnya.

Editor : Ainur Rohman

Reporter : rid/c17/ali


Close Ads