alexametrics
Liga 1 2019

Pemain Timnas Tak Jaminan Starter Saat Persebaya versus Kalteng Putra

12 September 2019, 17:00:53 WIB

JawaPos.com – Persebaya Surabaya punya peluang untuk menurunkan kekuatan yang komplet di Palangka Raya. Sebab, empat penggawa timnas bergabung dalam tur ke markas Kalteng Putra. Irfan Jaya, Hansamu Yama, Otavio Dutra, dan Ruben Sanadi langsung terbang ke Palangka Raya setelah laga melawan Thailand Selasa lalu (10/9).

Masalahnya, tak ada garansi bagi empat pemain itu untuk tampil sebagai starter. Sebab, mereka –terutama Ruben dan Hansamu– masih kelelahan. Keduanya menjadi starter saat melawan Thailand. Untuk Irfan dan Dutra, keduanya memang tidak tampil dalam laga kontra Thailand. Namun, tidak berarti mereka bisa langsung menembus skuad inti.

Persebaya Surabaya

Keduanya belum pernah berlatih di bawah asuhan asisten pelatih Wolfgang Pikal. ”Yang dari timnas juga ada kendala kondisi kebugaran. Jadi, kami lihat kondisi mereka selama di Palangka Raya,” kata Pikal.

Hanya Manuchekhr Dzhalilov yang dipastikan absen. Dia masih berada di Tajikistan. Sebelumnya, pemain 28 tahun itu masuk skuad timnas Tajikistan melawan Mongolia (10/9). Meski absen, opsi di posisi winger masih melimpah. Masih ada Oktafianus Fernando dan Osvaldo Haay. Keduanya juga sudah merasakan polesan Pikal. ”Saya siap kalau memang diturunkan,” kata Osvaldo.

Total 18 pemain dibawa ke Palangka Raya. Tidak ada nama Damian Lizio dalam daftar tersebut. Itu semakin menguatkan sinyal bahwa Lizio bakal terdepak. Apalagi, Pikal memang punya rencana mendatangkan satu pemain asing lagi. Dan, pemain asing yang diincar merupakan playmaker. Posisi yang sama dengan Lizio.

Pemain asing lainnya, Aryn Williams, juga belum bisa membuat debut. Sebab, kitas (kartu izin tinggal terbatas) pemain asal Australia tersebut belum tuntas. Padahal, deadline transfer adalah Senin (16/9). Karena itu, Pikal belum memutuskan kapan akan mendatangkan pemain asing baru. ”Kami masih harus menunggu, apakah ada keputusan (dari manajemen) untuk dapat pemain baru atau tidak,” jelas pelatih 51 tahun itu.

Di sisi lain, tuan rumah sedang sangat percaya diri. Mereka baru saja mendatangkan dua pemain asing. Yakni, Eydison Teofilo Soares dari Brasil dan Takuya Matsunaga dari Jepang. Keduanya sama-sama berposisi gelandang. ”Kehadiran mereka akan makin memperkuat tim,” kata CEO Kalteng Putra Agustiar Sabran.

Kalteng Putra juga tangguh di kandang. Dalam tiga laga home terakhir, mereka selalu meraih kemenangan. Yaitu, menang 2-0 atas Semen Padang (2/8), 4-2 atas Arema FC (7/8), dan 3-2 atas Bhayangkara FC (25/8). Mereka tentu ingin meneruskan tren kemenangan saat menjamu Green Force.

Pemain yang Dibawa ke Palangka Raya
1. Miswar Saputra
2. Imam Arif Fadilah
3. Ruben K. Sanadi
4. Otavio Dutra
5. Abu Rizal Maulana
6. Hansamu Yama
7. Rachmat Irianto
8. M. Hidayat
9. Rendi Irwan
10. Misbakus Solikin
11. Fandi Eko
12. Oktafianus Fernando
13. Irfan Jaya
14. David da Silva
15. Osvaldo Haay
16. M. Alwi Slamat
17. M. Syaifuddin
18. Andri Muliadi

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : gus/bas

Alur Cerita Berita

Lihat Semua


Close Ads