alexametrics
Liga 1 2019

Jacksen F. Tiago Mulai Latih Persipura, Manajemen Beri Kebebasan

12 Juli 2019, 16:50:16 WIB

JawaPos.com – Manajemen Persipura Jayapura memulangkan Jacksen F. Tiago untuk menggantikan peran Luciano Gomes Leandro sebagai pelatih Boaz Solossa dkk dalam mengarungi Liga 1 musim 2019. Kedatangan Jacksen ke tim Mutiara Hitam mengingatkan pencinta sepak bola tanah air tentang kejayaan Persipura bersama pelatih yang disapa Big Man itu.

Bersama Persipura selama tujuh musim (2008–2014), pelatih berusia 51 tahun itu sukses mempersembahkan tiga gelar juara bagi tim kebanggaan masyarakat Papua. Yaitu, jawara musim 2009, 2011, dan 2013. Kemudian menjadi runner-up pada musim 2010, 2012, dan 2014. Catatan tak kalah gemilang lainnya adalah membawa Persipura menapaki babak perempat final AFC Cup musim 2011 dan semifinal AFC Cup 2014.

Dengan prestasi yang pernah diukir bersama Persipura, tentu Jacksen memiliki tantangan baru bagi untuk kembali mengangkat prestasi bagi Persipura yang saat ini drop. Hingga laga ketujuh, Persipura belum pernah meraih kemenangan. Mutiara Hitam masih tertahan di peringkat ke-16 klasemen sementara dengan koleksi 4 poin.

Persipura Jayapura

’’Jacksen sudah resmi menjadi pelatih Persipura Jayapura. Besok (hari ini, red) beliau akan tiba di Jayapura dan siap melatih tim,’’ ujar Ketua Umum Persipura Jayapura Benhur Tomi Mano kepada Cenderawasih Pos kemarin.

Orang nomor satu Kota Jayapura itu berharap pelatih asal Brasil tersebut bisa mengangkat kembali performa timnya dari zona degradasi. ’’Kami harapkan kehadiran Jacksen mengubah tim ini bisa baik, ke peringkat tengah atau atas. Karena Jacksen sudah mengetahui masing-masing karakter pemain Persipura,’’ katanya.

Soal kontrak, Benhur Tomi Mano menuturkan bahwa pihaknya baru menawarkan satu musim dengan opsi perpanjangan kontrak apabila berhasil mengangkat nasib Persipura. Dia menambahkan, manajemen memberikan hak seutuhnya kepada Jacksen untuk menukangi timnya. Termasuk urusan perombakan dalam jajaran pelatih dan pemain.


Pada ulang tahun ke-70, Jawa Pos mempersembahkan logo khusus untuk suporter sepak bola Liga 1. Logo-logo tersebut kreasi dari tim desain dan ilustrasi Jawa Posdalam menerjemahkan filosofi klub serta para pendukungnya. Logo-logo itu dapat diunduh secara bebas di link berikut ini: https://logofansfc.jawapos.com/

Editor : Mohammad Ilham

Reporter : eri/ali